KISI-KISI SOAL SBDP PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021

 

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) SEKOLAH DASAR

TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021

 

Mata/ Muatan Pelajaran          : Seni Budaya dan Prakarya                                                                                                                           Jumlah Soal     : 40 Butir

Kelas                                       : V (Lima)                                                                                                                                                       Soal PG           : 25 butir

Semester                                  : II ( Dua )                                                                                                                                                       Soal Isian        : 10 butir

Alokasi Waktu                        : 90 Menit                                                                                                                                                        Soal Uraian     :   5 butir

 

NO.

KOMPETENSI DASAR

MATERI

LEVEL KOGNITIF

INDIKATOR SOAL

BENTUK DAN SOAL

PG

ISIAN

URAIAN

1

2

3

4

5

6

7

8

1.

3.1  Memahami gambar cerita

 

·         Gambar cerita

·         Langkah-langkah membuat gambar cerita

L1

·         Siswa dapat mengidentifikasi nama untuk gambar yang menceritakan kegiatan orang atau hewan dalam suatu peristiwa.

1

 

 

L1

·         Siswa dapat mengidentifikasi nama teknik menggambar cerita dengan menorehkan pensil, spidol atau alat lain berupa garis-garis berulang  yang menimbulkan kesan gelap terang, dan kesan  adanya dimensi.

2

 

 

L2

·         Disajikan gambar cerita, siswa dapat menentukan teknik yang digunakan dalam menggambar cerita tersebut.

3

 

 

L1

·         Siswa dapat mencontohkan media yang digunakan untuk mewarnai dengan teknik pewarnaan kering.

4

 

 

L2

·         Siswa dapat menentukan urutan langkah membuat gambar cerita setelah mempersiapkan alat dan bahan.

5

 

 

L1

·         Siswa dapat mengidentifikasi ciri – ciri karya dalam gambar cerita.

6

 

 

L1

·         Siswa dapat menyebutkan nama teknik menggambar cerita yang menggunakan air sebagai pengencer

 

26

 

L1

·         Siswa dapat menyebutkan alat yang digunakan untuk membuat sketsa gambar cerita.

 

27

 

 

 

L2

·         Siswa dapat mengklasifikasikan 3 contoh media berdasarkan teknik yang digunakan dalam menggambar cerita.

 

28

 

L3

·         Disajikan 2 bentuk gambar cerita, siswa dapat menganalisis perbedaan 2 gambar cerita tersebut dari segi isi dan media yang digunakan.

 

 

36

2.

3.2    Memahami tangga nada

 

·      Tangga nada minor dan tangga nada mayor.

·      Lagu – lagu daerah

L2

·         Siswa dapat  menentukan alat musik yang biasa digunakan untuk mengiringi lagu dengan tangga nada pentatonik.

7

 

 

L2

·         Disajikan ciri – ciri tangga nada, siswa dapat menentukan ciri – ciri tangga nada pentatonis jenis pelog.

8

 

 

L2

·         Disajikan tabel lagu - lagu daerah, siswa dapat menentukan lagu daerah bertangga nada slendro.

9

 

 

L2

·         Disajikan cuplikan salah satu lagu wajib nasional, siswa dapat menentukan tempo yang digunakan saat menyanyikan lagu tersebut.

10

 

 

L1

·         Siswa dapat mengidentifikasi jenis lagu yang wajib dipelajari oleh siswa dalam rangka menanamkan rasa cinta tanah air, menghargai jasa pahlawan, dan membakar semangat perjuangan.

11

 

 

L1

·         Siswa dapat menyebutkan jenis tangga nada diatonis minor dengan nada ketujuh dinaikkan setengah.

12

 

 

L2

·         Disajikan 6 gambar alat musik, siswa dapat mengidentifikasi 3 macam alat musik melodis dari gambar tersebut.

13

 

 

L2

·         Disajikan gambar posisi penjarian pada alat musik recorder, siswa dapat menentukan nada yang dibunyikan oleh alat musik recorder tersebut.

14

 

 

L1

·         Siswa dapat menyebutkan nama untuk susunan nada – nada secara berurutan dari nada paling rendah ke nada paling tinggi.

 

29

 

L1

·         Siswa dapat menyebutkan jenis tangga nada yang hanya memakai lima nada pokok.

 

30

 

 

L1

·         Siswa dapat menyebutkan jenis tangga nada yang bersifat riang gembira dan bersemangat.

 

31

 

L1

·         Siswa dapat menyebutkan 3 contoh lagu wajib nasional yang bertangga nada diatonis minor.

 

 

37

3.

3.3  Memahami pola lantai dalam tari kreasi daerah

Pola lantai dalam kreasi tari daerah.

L2

·         Disajikan gambar salah satu tari daerah, siswa dapat menentukan jenis pola lantai yang digunakan pada tari daerah tersebut.

15

 

 

L3

·         Disajikan 5 macam pola lantai, siswa dapat menganalisis pola lantai garis lengkung.

16

 

 

L3

·         Disajikan tabel gambar dan bentuk tarian, siswa dapat menganalisis pasangan antara tarian dan bentuk karya tari yang tepat.

17

 

 

L1

·         Siswa dapat menyebutkan asal dari salah satu tarian daerah Indonesia.

18

 

 

L2

·         Disajikan 3 gambar pola lantai, siswa dapat menentukan nama pola lantai yang sesuai dengan gambar.

19

 

 

L1

·         Siswa dapat menyebutkan nama garis yang dilalui penari pada saat melakukan gerak tari.

 

32

 

L1

·         Siswa dapat menyebutkan salah satu nama pola lantai pada Tari Bedhaya yang menggambarkan lima unsur yang ada pada diri manusia.

 

33

 

L3

·         Disajikan gambar tarian yang dibawakan oleh 5 orang penari dengan menggunakan pola lantai tertentu, siswa dapat membuat kreasi 3 gambar pola lantai lain dengan 5 orang penari.

 

 

38

4.

3.4 Memahami karya seni rupa daerah

·         Karya seni rupa daerah.

·         Ragam seni rupa daerah.

·         Alat dan bahan serta langkah-langkah membuat kain batik jumputan.

 

L2

·         Disajikan 4 macam karya seni rupa daerah, siswa dapat menentukan 2 karya seni rupa daerah yang berbentuk 3 dimensi.

20

 

 

L2

·         Disajikan gambar salah satu karya seni lukis yang terkenal, siswa dapat mengidentifikasi asal dari karya seni lukis yang ditunjukkan oleh gambar tersebut.

21

 

 

L2

·         Disajikan 5 macam karya seni rupa daerah siswa dapat menentukan 3 macam karya seni rupa daerah yang termasuk dalam kelompok seni rupa terapan.

22

 

 

L2

·         Siswa dapat mengelompokkan 3 contoh karya seni rupa daerah sesuai jenis/ golongannya.

23

 

 

L2

·         Siswa dapat mengidentifikasi contoh karya seni rupa daerah hasil dari seni anyam.

24

 

 

L1

·         Siswa dapat mengidentifikasi salah satu fungsi individul karya seni rupa daerah.

25

 

 

L1

·         Siswa dapat menjelaskan cara untuk menghilangkan malam/lilin dalam proses pembuatan batik dengan canting tulis

 

34

 

L1

·         Siswa dapat menyebutkan nama motif batik klasik yang digunakan oleh mempelai pengantin saat upacara pernikahan di salah satu daerah di Indonesia

 

35

 

L3

·         Disajikan 6 gambar langkah – langkah membuat batik dengan teknik perintangan sederhana, siswa dapat menganalisis urutan langkah – langkah membuat batik dengan tepat.

 

 

39

L3

·         Disajikan 2 gambar batik, siswa dapat menganalisis 2 perbedaan antara batik 1 dan batik 2 dari segi teknik pembuatan motif dan alat perintang warna yang digunakan dalam pembuatan batik.

 

 

40

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Materi IPA Kelas V Tema 5 Kurikulum 13

Rangkuman Bahasa Indonesia Tema 5 Kelas V Kurikulum 13

BACAAN ISTIGHFAR RAJAB DAN FAEDAHNYA