KISI-KISI SOAL SBDP PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021
KISI-KISI SOAL
PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) SEKOLAH DASAR
TAHUN PELAJARAN
2020 / 2021
Mata/ Muatan Pelajaran :
Seni
Budaya dan Prakarya Jumlah
Soal : 40 Butir
Kelas :
V (Lima) Soal
PG : 25 butir
Semester :
II ( Dua ) Soal
Isian : 10 butir
Alokasi Waktu :
90 Menit Soal
Uraian : 5 butir
|
NO. |
KOMPETENSI
DASAR |
MATERI |
LEVEL
KOGNITIF |
INDIKATOR
SOAL |
BENTUK
DAN SOAL |
||
|
PG |
ISIAN |
URAIAN |
|||||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
|
1. |
3.1 Memahami gambar cerita |
·
Gambar cerita ·
Langkah-langkah membuat gambar cerita |
L1 |
·
Siswa
dapat mengidentifikasi nama untuk gambar yang menceritakan kegiatan orang
atau hewan dalam suatu peristiwa. |
1 |
|
|
|
L1 |
·
Siswa
dapat mengidentifikasi nama teknik menggambar cerita dengan menorehkan
pensil, spidol atau alat lain berupa garis-garis berulang yang menimbulkan kesan gelap terang, dan
kesan adanya dimensi. |
2 |
|
|
|||
|
L2 |
·
Disajikan
gambar cerita, siswa dapat menentukan teknik yang digunakan dalam menggambar
cerita tersebut. |
3 |
|
|
|||
|
L1 |
·
Siswa
dapat mencontohkan media yang digunakan untuk mewarnai dengan teknik
pewarnaan kering. |
4 |
|
|
|||
|
L2 |
·
Siswa
dapat menentukan urutan langkah membuat gambar cerita setelah mempersiapkan
alat dan bahan. |
5 |
|
|
|||
|
L1 |
·
Siswa
dapat mengidentifikasi ciri – ciri karya dalam gambar cerita. |
6 |
|
|
|||
|
L1 |
·
Siswa
dapat menyebutkan nama teknik menggambar cerita yang menggunakan air sebagai
pengencer |
|
26 |
|
|||
|
L1 |
·
Siswa
dapat menyebutkan alat yang digunakan untuk membuat sketsa gambar cerita. |
|
27 |
|
|||
|
L2 |
·
Siswa
dapat mengklasifikasikan 3 contoh media berdasarkan teknik yang digunakan
dalam menggambar cerita. |
|
28 |
|
|||
|
L3 |
·
Disajikan 2 bentuk gambar cerita, siswa dapat
menganalisis perbedaan 2 gambar cerita tersebut dari segi isi dan media yang
digunakan. |
|
|
36 |
|||
|
2. |
3.2 Memahami tangga nada |
·
Tangga
nada minor dan tangga nada mayor. ·
Lagu
– lagu daerah |
L2 |
·
Siswa
dapat menentukan alat musik yang biasa
digunakan untuk mengiringi lagu dengan tangga nada pentatonik. |
7 |
|
|
|
L2 |
·
Disajikan
ciri – ciri tangga nada, siswa dapat menentukan ciri – ciri tangga nada
pentatonis jenis pelog. |
8 |
|
|
|||
|
L2 |
·
Disajikan
tabel lagu - lagu daerah, siswa dapat menentukan lagu daerah bertangga nada
slendro. |
9 |
|
|
|||
|
L2 |
·
Disajikan
cuplikan salah satu lagu wajib nasional, siswa dapat menentukan tempo yang
digunakan saat menyanyikan lagu tersebut. |
10 |
|
|
|||
|
L1 |
·
Siswa
dapat mengidentifikasi jenis lagu yang wajib dipelajari oleh siswa dalam
rangka menanamkan rasa cinta tanah air, menghargai jasa pahlawan, dan
membakar semangat perjuangan. |
11 |
|
|
|||
|
L1 |
·
Siswa
dapat menyebutkan jenis tangga nada diatonis minor dengan nada ketujuh
dinaikkan setengah. |
12 |
|
|
|||
|
L2 |
·
Disajikan 6
gambar alat musik, siswa dapat mengidentifikasi 3 macam alat musik melodis
dari gambar tersebut. |
13 |
|
|
|||
|
L2 |
·
Disajikan
gambar posisi penjarian pada alat musik recorder, siswa dapat menentukan nada
yang dibunyikan oleh alat musik recorder tersebut. |
14 |
|
|
|||
|
L1 |
·
Siswa
dapat menyebutkan nama untuk susunan nada – nada secara berurutan dari nada
paling rendah ke nada paling tinggi. |
|
29 |
|
|||
|
L1 |
·
Siswa
dapat menyebutkan jenis tangga nada yang hanya memakai lima nada pokok. |
|
30 |
|
|||
|
L1 |
·
Siswa
dapat menyebutkan jenis tangga nada yang bersifat riang gembira dan
bersemangat. |
|
31 |
|
|||
|
L1 |
·
Siswa
dapat menyebutkan 3 contoh lagu wajib nasional yang bertangga nada diatonis
minor. |
|
|
37 |
|||
|
3. |
3.3 Memahami pola lantai dalam tari kreasi
daerah |
Pola lantai dalam kreasi tari daerah. |
L2 |
·
Disajikan
gambar salah satu tari daerah, siswa dapat menentukan jenis pola lantai yang
digunakan pada tari daerah tersebut. |
15 |
|
|
|
L3 |
·
Disajikan
5 macam pola lantai, siswa dapat menganalisis pola lantai garis lengkung. |
16 |
|
|
|||
|
L3 |
·
Disajikan
tabel gambar dan bentuk tarian, siswa dapat menganalisis pasangan antara
tarian dan bentuk karya tari yang tepat. |
17 |
|
|
|||
|
L1 |
·
Siswa
dapat menyebutkan asal dari salah satu tarian daerah Indonesia. |
18 |
|
|
|||
|
L2 |
·
Disajikan
3 gambar pola lantai, siswa dapat menentukan nama pola lantai yang sesuai
dengan gambar. |
19 |
|
|
|||
|
L1 |
·
Siswa
dapat menyebutkan nama garis yang dilalui penari pada saat melakukan gerak
tari. |
|
32 |
|
|||
|
L1 |
·
Siswa
dapat menyebutkan salah satu nama pola lantai pada Tari Bedhaya yang
menggambarkan lima unsur yang ada pada diri manusia. |
|
33 |
|
|||
|
L3 |
·
Disajikan
gambar tarian yang dibawakan oleh 5 orang penari dengan menggunakan pola
lantai tertentu, siswa dapat membuat kreasi 3 gambar pola lantai lain dengan
5 orang penari. |
|
|
38 |
|||
|
4. |
3.4
Memahami karya seni rupa daerah |
·
Karya seni rupa daerah. ·
Ragam seni rupa daerah. ·
Alat dan bahan serta
langkah-langkah membuat kain batik jumputan. |
L2 |
·
Disajikan
4 macam karya seni rupa daerah, siswa dapat menentukan 2 karya seni rupa
daerah yang berbentuk 3 dimensi. |
20 |
|
|
|
L2 |
·
Disajikan
gambar salah satu karya seni lukis yang terkenal, siswa dapat
mengidentifikasi asal dari karya seni lukis yang ditunjukkan oleh gambar
tersebut. |
21 |
|
|
|||
|
L2 |
·
Disajikan
5 macam karya seni rupa daerah siswa dapat menentukan 3 macam karya seni rupa
daerah yang termasuk dalam kelompok seni rupa terapan. |
22 |
|
|
|||
|
L2 |
·
Siswa
dapat mengelompokkan 3 contoh karya seni rupa daerah sesuai jenis/
golongannya. |
23 |
|
|
|||
|
L2 |
·
Siswa
dapat mengidentifikasi contoh karya seni rupa daerah hasil dari seni anyam. |
24 |
|
|
|||
|
L1 |
·
Siswa
dapat mengidentifikasi salah satu fungsi individul karya seni rupa daerah. |
25 |
|
|
|||
|
L1 |
·
Siswa
dapat menjelaskan cara untuk menghilangkan malam/lilin dalam proses pembuatan
batik dengan canting tulis |
|
34 |
|
|||
|
L1 |
·
Siswa
dapat menyebutkan nama motif batik klasik yang digunakan oleh mempelai
pengantin saat upacara pernikahan di salah satu daerah di Indonesia |
|
35 |
|
|||
|
L3 |
·
Disajikan
6 gambar langkah – langkah membuat batik dengan teknik perintangan sederhana,
siswa dapat menganalisis urutan langkah – langkah membuat batik dengan tepat. |
|
|
39 |
|||
|
L3 |
·
Disajikan
2 gambar batik, siswa dapat menganalisis 2 perbedaan antara batik 1 dan batik
2 dari segi teknik pembuatan motif dan alat perintang warna yang digunakan
dalam pembuatan batik. |
|
|
40 |
|||
Komentar
Posting Komentar