Rangkuman Materi IPS Kelas V Tema 6

 ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Tema 6  : Panas dan Perpindahannya

Subtema 1  : Suhu dan Kalor


Kompetensi Dasar

3.2 Menganalisis bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.

4.2 Menyajikan hasil analisis tentang interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia


Rangkuman Materi


Interaksi Manusia Dengan Lingkungan dan Pengaruhnya 

a) Hubungan makhluk hidup dengan lingkungan.

• Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup. Lingkungan alam menyediakan semua kebutuhan makhluk hidup.

b) Benda mati dan makhluk hidup saling memengaruhi

• Bentuk hubungan antara benda mati dan makhluk hidup adalah jenis tanah, suhu, dan curah hujan memengaruhi jenis tanaman yang tumbuh dan hewan yang berkembang

c) Makhluk hidup dapat memengaruhi benda mati.

• Daerah yang banyak tumbuhannya menjadi lebih sejuk dan air tanah yang berlimpah. Tanaman membantu tanah untuk menahan air dan menyimpannya

d) Hubungan antara manusia dan lingkungan alam

• Hubungan yang membuat manusia harus

dapat menyesuaikan diri dengan alam. Hubungan yang

membuat manusia dapat memanfaatkan alam sekitarnya

e) Pemanfaatkan alam oleh manusia

• Untuk menanggulangi akibat kemarau panjang manusia membuat hujan buatan dengan menggunakan pengetahuan dan teknologi.

f) Makhluk hidup dan lingkungan saling berhubungan. Selain dengan lingkungan makhluk hidup juga berhubungan dengan benda mati. Makhluk hidup dapat memengaruhi benda mati. Ada 2 macam hubungan antara manusia dengan alam yaitu manusia menyesuaikan diri dengan alam dan pemanfaatan alam oleh manusia. Manusia memanfaatkan alam menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mereka miliki

g) Bentuk interaksi masyarakat sekitarmu dengan lingkungan alamnya

1) Bercocok tanam

2) Menjadi nelayan

3) Memelihara hewan ternak sapi

4) Melakukan penghijauan

h) .Hasil interaksi dengan lingkungan alam

1) Mudah mendapatkan sayuran dan buah-buahan

2) Mendapatkan berbagai jenis ikan

3) Mudah mendapatkan susu dan daging

4) Tersedianya sumber air bersih

i) Daerah yang berbeda, tanaman yang dihasilkan pun bisa berbeda sehingga manusia harus mampu menyesuaikan diri..

j) Hubungan manusia dengan lingkungan alamnya. 

• Di daerah Papua, masyarakatnya biasa memakan umbi‐umbian karena di sana mereka tidak menanam padi seperti masyarakat di Pulau Jawa.

• Umbi-umbian merupakan tanaman yang paling mudah tumbuh dan mudah dirawat di sana. Artinya jika daerahnya berbeda, tanaman yang dihasilkan pun bisa berbeda. Masyarakat yang tinggal di sana juga harus menyesuaikannya.

k) Interaksi antara manusia dan alam adalah timbal balik. Manusia sangat membutuhkan alam dan segala sumber daya yang ada di dalamnya untuk bertahan hidup. Sebaliknya alam menuntut manusia untuk melestarikannya.

l) Manusia sebagai makhluk memiliki keterkaitan dan ketergantungan terhadap alam dan lingkungannya. Untuk bisa mempertahankan kehidupannya manusia membutuhkan lingkungan sekitar atau sumber daya alam.

m) Pada awalnya manusia memanfaatkan alam hanya sebatas untuk memenuhi kebutuhan dasarnya (makan dan minum serta pakaian). Namun, saat ini manusia mengolah sumber daya yang ada di alam untuk beragam kebutuhan atau sekedar memenuhi gaya hidupnya.  Akibatnya, sebagian lingkungan alam telah mengalami kerusakan seperti pencemaran air dan udara

n) Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup yang saling berinteraksi.

o) Interaksi yang terjadi dalam lingkungan alam yaitu  Interaksi antara benda mati dengan makhluk hidup, interaksi antara makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya.

p) Contoh bentuk interaksi antara lingkungan yang  terdiri atas lingkungan benda hidup dan benda mati adalah daerah yang banyak tumbuhannya akan membuat suhu udara menjadi lebih sejuk.

q) Interaksi  yang terjadi antara manusia dengan lingkungan alamnya adalah Interaksi antara manusia dan lingkungan alam, dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu interaksi yang menyesuaikan diri dengan alam dan interaksi yang memanfaatkan alam.

r) Contoh bentuk interaksi antara manusia dengan lingkungan alam yang kamu ketahui adalah para petani harus menyesuaikan waktu tanam dengan musim penghujan agar tanamannya dapat tumbuh dengan baik. Para nelayan memilih waktu untuk berlayar menyesuaikan dengan keadaan cuaca agar terhindar dari bencana dan memperoleh tangkapan ikan yang banyak.

s) Makhluk hidup dan lingkungan saling berhubungan. Selain dengan lingkungan makhluk hidup juga berhubungan dengan benda mati. Makhluk hidup dapat memengaruhi benda mati. Ada 2 macam hubungan antara manusia dengan alam yaitu manusia menyesuaikan diri dengan alam dan pemanfaatan alam oleh manusia. Manusia memanfaatkan alam menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mereka miliki


Bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan 

a) Contohpengaruh negatif yang terjadi karena adanya interkasi manusia dengan lingkungannya :

1) Pertanian

• Penggunaan pupuk buatan berlebihan merusak tanah

2) Perkebunan

• Penggunaan pestisida menyebabkan pencemaran lingkungan

3) Peternakan

• Pembuangan limbah peternakan ke sungai menyebabkan bau tidak enak yang menyengat.

4) Perikanan

• Limbah sisa pengolahan ikan menimbulkan pencemaran lingkungan

b) Contoh usaha-usaha  untuk memperbaiki pengaruh negatif dari interaksi manusia dengan lingkungannya :

1) Menggunakan pupuk alam dari kotoran hewan

2) Penggunaan musuh alami hama tanaman

3) Limbah ternak dapat dimanfaatkan untuk bahan makanan ternak, pupuk organik, energi dan media pelbagai tujuan

4) Tepung dan silase ikan, dari limbah daging, tulang, insang dapat digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk dan pakan ternak/ikan.

c) Manusia tidak dapat hidup tanpa lingkungan alam karena manusia mendapatkan kebutuhan hidupnya dari alam.

d) Contoh interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang merugikan manusia dan lingkungannya antara lain  membuang sampah sembarangan menyebabkan banjir, menebang pohon sembarangan menyebabkan tanah longsor dan banjir.

e) Contoh akibat interaksi negatif manusia terhadap lingkungan alamnya antara lain banjir karena saluran air yang terganggu oleh sampah, tanah longsor yang terjadi karena manusia sering menebang pohon di tanah yang landai, kebakaran hutan karena kecerobohan manusia.


Subtema 2 : Perpindahan Kalor di Sekitar Kita 


Kompetensi Dasar

3.2 Menganalisis bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.

4.2 Menyajikan hasil analisis tentang interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.


Rangkuman Materi

Aktivitas Masyarakat Sekitar Dalam Upaya Pembangunan Ekonomi, Sosial Budaya Indonesia 

a) Manusia, memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. 

b) .Kebutuhan hidup manusia antara lain  kebutuhan pokok, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.

c) Setiap kali manusia melakukan kegiatan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, selalu memberikan pengaruh kepada lingkungannya, baik lingkungan alam, maupun lingkungan ekonomi, sosial, dan budaya.


Contoh Aktivitas Masyarakat Sekitar Dalam Upaya Pembangunan Ekonomi, Sosial Budaya Indonesia

A. Festival Mane’e, Tradisi Nelayan di Pantai Malo

a) Tujuan dilaksanakannya Festival Mane’e tersebut adalah agar nelayan mendapat tangkapan yang banyak dan mendapatkan perlindungan agar terhindar dari bahaya.

b) Orang-orang  yang berperan penting dalam upacara tersebut? Pemuka adat beserta masyarakat setempat.

c) Manfaat kegiatan upacara tradisi nelayan terhadap kesejahteraan nelayan dan kehidupan masyarakat nelayan setempat adalah  dengan kegiatan tersebut, masyarakat setempat dapat memperoleh tangkapan ikan secara lebih mudah dan pastinya mendapat penghasilan lebih banyak.

d) Hal yang menarik  dari kegiatan upacara nelayan tersebut? Adalah masyarakat dilarang mengenakan pakaian berwarna merah sebagai pantangan.

e) Kegiatan serupa yang dilakukan oleh masyarakat nelayan 

• Tradisi sedekah laut bagi nelayan Kab.Cilacap pada dasarnya sebagai ungkapan rasa sukur pada Tuhan YME dari para nelayan Cilacap  karena telah diberinya limpahan rezeki serta usaha pelestarian warisan budaya Cilacap untuk promosi wisata.

f) Kegiatan nelayan di pantai dan laut tidak hanya untuk pembangunan ekonomi, tetapi juga untuk membangun kehidupan sosial budaya masyarakat. Kegiatan ini dilakukan untuk meneruskan budaya kehidupan masyarakat nelayan yang telah dilakukan bertahun-tahun. Kegiatan masyarakat nelayan di satu tempat dan tempat lain tidaklah sama. Hal ini dipengaruhi juga oleh kehidupan sosial masyarakatnya.

g) Interaksi manusia dengan lingkungan sosialnya

• Masyarakat pedesaan hidup saling tolong-menolong, gotong-royong, dan mengutamakan musyawarah mufakat dalam menyelesaikan permasalahan.

h) Upaya manusia dalam berperan serta membangun perekonomian

• Daerah pedesaan sangat cocok untuk pertanian sehingga sebagian besar masyarakat bekerja sebagai petani. Ada juga yang berdagang menjual hasil pertanian ke pasar.

B. Kehidupan Nelayan Indonesia

1) Para nelayan dan pedagang ikan bertemu di sebuah tempat pelelangan ikan.

2) Tempat pelelangan ikan merupakan tempat bertemunya para pembeli ikan dan para nelayan yang telah menangkap ikan. 

3) Para pembeli adalah para pedagang yang akan menjual kembali ikan kepada para konsumennya.

4) Tempat pelelangan ikan ramai setiap hari pada musim tangkap ikan.

5) Jika gelombang laut sedang besar dan cuaca buruk para nelayan tidak dapat melaut

6) Tempat pelelangan ikan ramai hanya setiap hari pada musim tangkap ikan.

7) Jika gelombang laut sedang besar dan cuaca buruk para nelayan tidak dapat melaut

8) Sehingga mereka tidak punya hasil tangkapan yang bisa dijual

9) Tempat pelelangan ikan ramai hanya setiap hari pada musim tangkap ikan.

10) Pihak-pihak bertemu di tempat pelelangan ikan adalah Nelayan dan pedagang ikan.

11) Cara para nelayan harus memelihara laut tempat mencari ikan yaitu tidak menggunakan zat berbahaya dan alat tangkap sederhana

12) Kegiatan pelelangan ikan merupakan salah satu contoh kegiatan yang di dalam masyarakat melibatkan interaksi atau hubungan antara individu, kelompok dan kehidupan sosialnya.


Macam-Macam Kebutuhan Manusia 

A. Kebutuhan Menurut Intensitas

a) Kebutuhan ini dipandang dari urgensinya, atau mendesak tidaknya suatu kebutuhan. 

b) Kebutuhan menurut intensitas atau tingkat kepentingan terdiri atas kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.

1. Kebutuhan Primer

o Kebutuhan primer adalah kebutuhan utama atau kebutuhan pokok yang pertama harus dipenuhi untuk mempertahankan hidup. 

o Kata primer sendiri berasal dari kata primus, yang berarti pertama. 

o Kebutuhan tersebut muncul secara alami. 

o Kebutuhan primer disebut juga ‘kebutuhan alamiah. 

o Secara umum contoh dari kebutuhan primer terdiri atas pangan, sandang, dan papan; atau makanan, pakaian, dan rumah. 

o Tanpa makanan, pakaian, dan rumah manusia bisa mati kelaparan, kedinginan, dan kepanasan.

2. Kebutuhan Sekunder

o Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan kedua yang dipenuhi, setelah kebutuhan primer terpenuhi. 

o Adapun kata sekunder berasal dari kata scundus, yang berarti kedua.

o Merupakan kebutuhan yang timbul setelah kebutuhan primernya tercukupi. 

o Kebutuhan sekunder untuk masing-masing orang berbeda. Seseorang yang memiliki penghasilan yang tinggi untuk membeli mobil keluaran terakhir merupakan kebutuhan sekunder sedangkan bagi seorang pegawai rendahan yang berpenghasilan pas-pasan sebuah mobil atau motor merupakan barang mewah yang mustahil dapat dibeli.

o Contoh kebutuhan sekunder, yaitu meja, kursi, lemari, sepatu, tas, sisir, kaos kaki, buku, pensil, televisi, radio, tempat tidur, dan kendaraan. 

o Manusia memenuhi kebutuhan sekunder dalam rangka mengaktualisasikan dirinya sebagai makhluk sosial yang berbudaya.

3. Kebutuhan Tersier

o Kebutuhan tersier adalah kebutuhan ketiga yang dipenuhi, setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. 

o Kata tersier berasal dari kata tertius, yang berarti ketiga. 

o Kebutuhan tersier disebut juga kebutuhan mewah atau lux. 

o Kebutuhan ini umumnya dipenuhi oleh orang yang berpendapatan tinggi dan dilakukan untuk meningkatkan prestise atau kebanggaan di mata masyarakat. 

o Contoh kebutuhan tersier, yaitu pakaian mewah, tas mewah, mobil mewah, rumah mewah, dan kapal pesiar mewah. 

o Yang perlu diketahui, kebutuhan sekunder dan tersier berbeda untuk setiap orang atau golongan. 

o Bagi masyarakat kota, radio, televisi, kulkas, dan komputer merupakan kebutuhan sekunder. Akan tetapi bagi masyarakat pedalaman terpencil, benda-benda tersebut merupakan kebutuhan tersier. 

o Selain itu, untuk orang-orang dengan pekerjaan tertentu, komputer bukan merupakan kebutuhan sekunder, melainkan merupakan kebutuhan primer.

c) Pembagian kebutuhan menurut intensitas kegunaannya sangat ditentukan oleh kondisi masyarakat suatu daerah atau negara. 

d) Sebagai contoh, bagi penduduk suatu daerah atau negara yang masih tertinggal, kebutuhan akan motor atau mobil mungkin merupakan kebutuhan mewah. Akan tetapi, bagi penduduk daerah atau negara yang memiliki standar hidup tinggi, kebutuhan terhadap motor atau mobil mungkin hanya merupakan kebutuhan sekunder saja.


B. Kebutuhan Menurut Sifat

1) Kebutuhan Jasmani

a) Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang diperlukan oleh jasmani atau badan.  

b) Contoh yang termasuk ke dalam kebutuhan jasmani dalam bentuk barang antara lain pakaian, makanan, minuman, obat-obatan, dan vitamin. 

c) Adapun yang yang termasuk ke dalam kebutuhan jasmani dalam bentuk jasa antara lain kebutuhan rekreasi, mendengarkan musik, dan menonton televisi dan bioskop.

2) Kebutuhan Rohani

a) Kebutuhan Rohani adalah kebutuhan yang diperlukan oleh rohani atau jiwa. 

b) Contoh: untuk menyegarkan pikiran, manusia memerlukan hiburan; untuk menguatkan iman, manusia memerlukan siraman rohani berupa petunjuk dan nasihat keagamaan; untuk mencerdaskan pikiran dan meningkatkan keterampilan, manusia memerlukan pendidikan.


Subtema 3 : Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan 

Kompetensi Dasar

3.2 Menganalisis bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.

4.2 Menyajikan hasil analisis tentang interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.


Rangkuman Materi

Aktivitas Masyarakat di bebarapa Wilayah Dalam Upaya Pembangunan Ekonomi, Sosial dan Budaya Indonesia


1. Peran Masyarakat terhadap Lingkungan Sosial Budaya

a) Masyarakat Indonesia, selalu menghargai warisan budaya nenek moyangnya

• Masyarakat Indonesia selalu menghargai warisan b udaya nenek moyangnya, mulai dari peristiwa kelahiran hingga kematian

b) Ada kecenderungan masyarakat untuk mengurangi kegiatan tradisinya

• Ada kecenderungan masyarakat untuk mengurangi kegiatan tradisinya. Namun, kesadaran masyarakat untuk kembali menghidupkan tradisional nenek moyang mulai kembali meningkat.

c) Desa adat memelihara pen inggalan nenek moyang

• Terdapat beberapa desa adat di Indonesia yang dipelihara, dilindungi, dan dijaga baik oleh masyarakat.

d) Beberapa desa adat dan kehidupannya asli yang diperkenalkan ke masyarakat luas

• Salah satunya adalah Desa Adat Asing di Kemeren, Banyuwangi.

e) Masyarakat Indonesia selalu menghargai warisan budaya nenek moyangnya. Misalnya kegiatan tradisi peristiwa kelahiran hingga kematian. Ada kecenderungan masyarakat untuk mengurangi kegiatan tradisinya, namun kesadaran masyarakat untuk kembali menghidupkan tradisi-tradisi nenek moyang kembali meningkat. Desa adat memang untuk tetap memelihara peninggalan nenek moyang. Terdapat beberapa desa adat di Indonesia yang dipelihara, dilindungi, dan dijaga baik oleh masyarakat. Beberapa desa adat dan kehidupan masyarakat asli yang diperkenalkan ke masyarakat luas. Salah satunya adalah Desa Adat Osing di Kemiren, Banyuwangi.


2. Perajin Batik Osing

a) Tujuan utama diadakannya kegiatan pelatihan pembatikan bagi para perajin batik di Banyuwangi dengan menggunakan pewarna alami adalah semakin memperkaya penggunaan pewarna alam dan memperbanyak kreasi motif.

b) Manfaat dari kegiatan pelatihan pembatikan  bagi para pembatik dan masyarakat Banyuwangi adalah meningkatnya tingkat ekonomi perajin dan berdampak pada pembangunan sosial budaya masyarakat setempat.

c) Pengaruh penggunaan pewarna alami pada pembangunan ekonomi para perajin batik yaitu dengan batik pewarna alam, para perajin bisa lebih untung karena harga jual batik menjadi lebih tinggi.

d) Pengaruh kegiatan pelatihan pembatikan  bagi para pembatik dan masyarakat Banyuwangi tersebut pada pembangunan sosial budaya masyarakatnya adalah dengan menggunakan pewarna alami, masyarakat turut serta dalam menjaga lingkungan sekitar.


3. Usaha Bolu Meranti Medan

a) Bolu ini memiliki rasa yang khas, lembut, dan cukup tahan lama meskipun tidak menggunakan bahan pengawet.

b) Usaha yang dilakukan pemiliknya sehingga membuat bolu ini terkenal yaitu  Ai Ling membuka gerai sendiri di tempat yang lain. Bahkan ia pun membuka gerai di Banda Udara Internasional Kualanamu untuk memudahkan pelanggan mendapatkannya sebagai oleh-oleh khas Kota Medan.

c) Pengaruh keberadaan Bolu Meranti terhadap pembangunan ekonomi masyarakat Kota Medan yaitu usaha bolu Meranti membuka lapangan pekerjaan bagi orang-orang Medan.

d) Pengaruh keberadaan Bolu Meranti terhadap pembangunan sosial budaya masyarakatnya yaitu Bolu Meranti menjadi ciri khas Kota Medan.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

AMALAN BULAN RAJAB

Rangkuman Bahasa Indonesia Tema 5 Kelas V Kurikulum 13