KISI-KISI SOAL PPKn PAT ( PENILAIAN AKHIR TAHUN ) TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

KISI-KISI SOAL PAT ( PENILAIAN AKHIR TAHUN )

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

Mata/Muatan Pelajaran   :  PPKn                                                                                                                                                            Jumlah Soal                                 :    PG         : 25 soal

Kelas                               :  V  ( Lima )                                                                                                                                                                                              Isian    : 10 soal

Alokasi Waktu                :                                                                                                                                                                                                             Uraian :   5 soal

                                                                                                                                                                                                 

No

Kompetensi Dasar

Materi

Indikator Soal

Level Kognitif

Bentuk dan Nomor Soal

PG

Isian

Uraian

 1.

 3.2. Memahami hak, kewajiban dan

        tanggung jawab sebagai warga

        dalam kehidupan sehari-hari

Hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga negara

1. Siswa dapat mengidentifikasi hak siswa di sekolah

L1

1

 

 

2. Siswa dapat menyebutkan waktu disahkannya konvensi

    hak-hak anak oleh PBB

L1

2

 

 

3. Siswa dapat megidentifikasi hak-hak anak menurut     
 konvensi hak-hak anak

L1

3

 

 

4. Siswa dapat mengidentifikasi pengertian dari kewajiban

L1

4

 

 

    Disajikan tabel kegiatan di sekolah tentang kewajiban    

    dan hak yang diperoleh ( soal no 5 )

5. Siswa dapat memasangkan antara kewajiban dan hak
    yang dipeoleh

L3

5

 

 

6. Siswa dapat mengidentifikasi kewajiban warga negara

L2

6

 

 

7. Siswa dapat menjelaskan pengertian tanggung jawab.

L1

7

 

 

8. Siswa dapat memberikan contoh tanggung jawab sebagai
    warga negara.

L2

8

 

 

9. Siswa dapat menjelaskan pengertian dari kewajiban.

L2

 

26

 

10. Siswa dapat Menyebutkan hak anggota kelompok pada       
      Saat diskusi kelompok 

L1

 

27

 

11. Siswa dapat menjelaskan pengertian tanggung jawab

L2

 

28

 

12. Siswa dapat menyebutkan 3 kewajiban warga negara    
      Indonesia

L1

 

 

36

 

 

 

 

13. Siswa dapat memberikan 3 contoh hak anak di rumah

L2

 

 

37

 2.

 

 

 3.3. Menelaah keberagaman sosial

         budaya masyarakat

                    

Keberagaman sosial budaya masyarakat

Disajikan tabel tentang nama alat musik dan daerah asalnya ( soal no 9 )

14. Siswa dapat memasangkan nama alat musik dan daerah     

      Asalnya

L2

9

 

 

 

 

15. Siswa dapat menentukan semboyan bangsa Indonesia

L1

10

 

 

16. Siswa dapat memberikan contoh akibat sikap tidak
       menghargai  antar suku bangsa.

L2

11

 

 

17. Siswa dapat menunjukkan contoh sikap menghargai  
      keberagaman  di  sekolah.

L1

12

 

 

18. Siswa dapat memberikan contoh cara melestarikan
       budaya daerah.

L2

13

 

 

19. Siswa dapat menentukan manfaat kegiatan budaya yang

      diadakan oleh karang taruna.

L1

14

 

 

20. Siswa dapat menentukan contoh cara melestarikan

      budaya daerah yang dilakukan di sekolah

L2

15

 

 

21. Siswa dapat menentukan contoh kegiatan yang
      mendukung pembangunan sosial budaya di masyarakat.

L1

16

 

 

22. Siswa dapat memberikan contoh sikap terhadap teman      
       yang  berbeda suku.

L2

 

29

 

23. Siswa dapat menjelaskan pengertian Bhineka Tunggal            
       Ika

L1

 

30

 

24. Siswa dapat menyebutkan tempat kediaman suku dayak

L1

 

31

 

25. Siswa dapat menyebutkan 3 hal yang harus dilakukan

       untuk menyikapi keberagaman suku dan budaya

     

L1

 

 

38

3.

3.4. Menelaah persatuan dan kesatuan
         terhadap kehidupan berbangsa dan

         bernegara beserta dampaknya

Persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara.

26. Siswa dapat menentukan sikap seseorang yang suka

      membantu untuk kepentingan umum

L1

17

 

 

27. Siswa dapat menyebutkan sila  Pancasila  dari sikap

      hidup rukun dalam keberagaman suku.

L1

18

 

 

28. Siswa dapat menyebutkan pengarang buku Sutasoma

L1

19

 

 

29. Siswa dapat menyebutkan semboyan bangsa Indonesia               
      yang tertulis  pada lambang negara.

L1

20

 

 

30. Siswa dapat memberikan contoh cara memupuk rasa            
       persatuan dan Kesatuan bangsa Indonesia.

L2

21

 

 

31. Siswa dapat menjelaskan manfaat kemajemukan               
       agama di Indonesia  dalam menjaga persatuan dan   
       kesatuan.

L2

22

 

 

32. Siswa dapat menjelaskan penyebab tidak adanya rasa          
       persatuan  dan  kesatuan dalam keluarga.

L2

23

 

 

33. Siswa dapat menjelaskan akibat yang ditimbulkan bila          
      setiap individu  mengutamakan kepentingan sendiri.

L2

24

 

 

34. Siswa dapat menunjukkan contoh perbuatan tidak ada   
       rasa persatuan dan kesatuan di sekolah.

L1

25

 

 

35. Siswa dapat menyebutkan penanggngjawab terhadap

      kelestarian budaya Indonesia       

L1

 

32

 

 

 

 

36. Siswa dapat menyebutkan kitab yang terdapat  
       semboyan Bhineka Tunggal Ika.

L1

 

33

 

37. Siswa dapat mengidentifikasi kegiatan yang bisa
      menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

L2

 

34

 

38. Siswa dapat menyebutkan tempat interaksi dan diskusi         
      teman sekelas.

L1

 

35

 

39. Siswa dapat memberikan 3 contoh perilaku yang
       mencerminkan persatuan dan kesatuan di lingkungan  
        masyarakat

L2

 

 

39

40. Siswa dapat memberikan 3 contoh cara menjaga
      persatuan dan kesatuan dalam keanekaragaman budaya.

L2

 

 

40

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Materi IPA Kelas V Tema 5 Kurikulum 13

Rangkuman Bahasa Indonesia Tema 5 Kelas V Kurikulum 13

BACAAN ISTIGHFAR RAJAB DAN FAEDAHNYA