KISI-KISI SOAL PPKn PAT ( PENILAIAN AKHIR TAHUN ) TAHUN PELAJARAN 2020/2021
KISI-KISI SOAL PAT ( PENILAIAN AKHIR TAHUN )
TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Mata/Muatan Pelajaran : PPKn Jumlah
Soal : PG
: 25 soal
Kelas : V ( Lima
) Isian : 10 soal
Alokasi
Waktu : Uraian : 5
soal
|
No |
Kompetensi Dasar |
Materi |
Indikator Soal |
Level Kognitif |
Bentuk dan Nomor Soal |
||
|
PG |
Isian |
Uraian |
|||||
|
1. |
3.2.
Memahami hak, kewajiban dan tanggung
jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari |
Hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga
negara |
1. Siswa dapat mengidentifikasi hak siswa di sekolah |
L1 |
1 |
|
|
|
2. Siswa dapat menyebutkan waktu disahkannya konvensi hak-hak anak oleh PBB |
L1 |
2 |
|
|
|||
|
3. Siswa dapat megidentifikasi hak-hak anak menurut |
L1 |
3 |
|
|
|||
|
4. Siswa dapat mengidentifikasi pengertian dari kewajiban |
L1 |
4 |
|
|
|||
|
Disajikan tabel kegiatan di
sekolah tentang kewajiban dan hak yang diperoleh ( soal no 5 ) 5. Siswa dapat memasangkan antara kewajiban dan hak |
L3 |
5 |
|
|
|||
|
6. Siswa dapat mengidentifikasi
kewajiban warga negara |
L2 |
6 |
|
|
|||
|
7. Siswa dapat menjelaskan
pengertian tanggung jawab. |
L1 |
7 |
|
|
|||
|
8. Siswa dapat memberikan
contoh tanggung jawab sebagai |
L2 |
8 |
|
|
|||
|
9. Siswa dapat menjelaskan
pengertian dari kewajiban. |
L2 |
|
26 |
|
|||
|
10. Siswa dapat Menyebutkan
hak anggota kelompok pada |
L1 |
|
27 |
|
|||
|
11. Siswa dapat
menjelaskan pengertian tanggung jawab |
L2 |
|
28 |
|
|||
|
12. Siswa dapat
menyebutkan 3 kewajiban warga negara |
L1 |
|
|
36 |
|||
|
|
|
|
13. Siswa dapat
memberikan 3 contoh hak anak di rumah |
L2 |
|
|
37 |
|
2. |
3.3. Menelaah keberagaman sosial
budaya masyarakat |
Keberagaman sosial budaya masyarakat |
Disajikan
tabel tentang nama alat musik dan daerah asalnya ( soal
no 9 ) 14. Siswa dapat memasangkan nama alat musik dan
daerah Asalnya |
L2 |
9 |
|
|
|
15. Siswa dapat menentukan
semboyan bangsa Indonesia |
L1 |
10 |
|
|
|||
|
16. Siswa dapat
memberikan contoh akibat sikap tidak |
L2 |
11 |
|
|
|||
|
17. Siswa dapat
menunjukkan contoh sikap menghargai |
L1 |
12 |
|
|
|||
|
18. Siswa dapat
memberikan contoh cara melestarikan |
L2 |
13 |
|
|
|||
|
19. Siswa dapat menentukan
manfaat kegiatan budaya yang diadakan oleh karang taruna. |
L1 |
14 |
|
|
|||
|
20. Siswa dapat menentukan contoh cara melestarikan budaya
daerah yang dilakukan di sekolah |
L2 |
15 |
|
|
|||
|
21. Siswa dapat
menentukan contoh kegiatan yang |
L1 |
16 |
|
|
|||
|
22. Siswa dapat
memberikan contoh sikap terhadap teman |
L2 |
|
29 |
|
|||
|
23. Siswa dapat menjelaskan
pengertian Bhineka Tunggal |
L1 |
|
30 |
|
|||
|
24. Siswa dapat
menyebutkan tempat kediaman suku dayak |
L1 |
|
31 |
|
|||
|
25. Siswa dapat menyebutkan
3 hal yang harus dilakukan untuk
menyikapi keberagaman suku dan budaya |
L1 |
|
|
38 |
|||
|
3. |
3.4. Menelaah persatuan dan kesatuan bernegara
beserta dampaknya |
Persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara. |
26. Siswa dapat menentukan
sikap seseorang yang suka membantu untuk kepentingan umum |
L1 |
17 |
|
|
|
27. Siswa dapat menyebutkan sila Pancasila dari sikap hidup
rukun dalam keberagaman suku. |
L1 |
18 |
|
|
|||
|
28. Siswa dapat
menyebutkan pengarang buku Sutasoma |
L1 |
19 |
|
|
|||
|
29. Siswa dapat
menyebutkan semboyan bangsa Indonesia |
L1 |
20 |
|
|
|||
|
30. Siswa dapat
memberikan contoh cara memupuk rasa |
L2 |
21 |
|
|
|||
|
31. Siswa dapat
menjelaskan manfaat kemajemukan |
L2 |
22 |
|
|
|||
|
32. Siswa dapat
menjelaskan penyebab tidak adanya rasa |
L2 |
23 |
|
|
|||
|
33. Siswa dapat menjelaskan
akibat yang ditimbulkan bila |
L2 |
24 |
|
|
|||
|
34. Siswa dapat menunjukkan
contoh perbuatan tidak ada |
L1 |
25 |
|
|
|||
|
35. Siswa dapat menyebutkan penanggngjawab terhadap kelestarian
budaya Indonesia |
L1 |
|
32 |
|
|||
|
|
|
|
36.
Siswa dapat menyebutkan kitab yang terdapat |
L1 |
|
33 |
|
|
37. Siswa dapat
mengidentifikasi kegiatan yang bisa |
L2 |
|
34 |
|
|||
|
38. Siswa dapat
menyebutkan tempat interaksi dan diskusi |
L1 |
|
35 |
|
|||
|
39. Siswa dapat memberikan
3 contoh perilaku yang |
L2 |
|
|
39 |
|||
|
40. Siswa dapat
memberikan 3 contoh cara menjaga |
L2 |
|
|
40 |
|||
Komentar
Posting Komentar