KISI-KISI SOAL MATEMATIKA PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021
KISI-KISI
SOAL
PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) SEKOLAH
DASAR
TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Mata/ Muatan Pelajaran :
Matematika Jumlah
Soal : 35 Butir
Kelas :
V (Lima) Soal
PG : 20 butir
Semester :
II ( Genap ) Soal
Isian : 10 butir
Alokasi
Waktu : 90 Menit Soal Uraian : 5 butir
|
No |
Kompetensi Dasar |
Materi |
Level Kognitif |
Indikator Soal |
Bentuk dan Soal |
|||
|
PG |
Isian |
Uraian |
||||||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
|
|
1 |
3.4 |
Menjelaskan dan
menemukan jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok) |
Jaring-Jaring Bangun Ruang |
L1 |
Disajikan jaring – jaring kubus
Siswa mampu menyebutkan alas jaring – jaring
kubus |
1 |
|
|
|
2 |
|
siswa mampu menghitung luas permukaan kubus |
2 |
|
|
|||
|
3 |
L1 |
Disajikan jaring – jaring siswa
dapat mengidentifikasi nama – nama jaring bangun ruang |
3 |
|
|
|||
|
4 |
L2 |
Siswa dapat menentukan jaring –
jaring balok |
4 |
|
|
|||
|
5 |
L1 |
Siswa mampu mengidentifikasi sifat – sifat bangun ruang kubus |
5 |
|
|
|||
|
6 |
|
|
|
L1 |
Siswa dapat menghitung bilangan
pangkat tiga |
|
1 |
|
|
7 |
|
|
|
L1 |
Disajikan jaring – jaring bangun
ruang, siswa dapat menyebutkan nama jaring bangun ruang |
|
2 |
|
|
|
|
|
|
L1 |
Disajikan jaring – jaring bangun
ruang, siswa dapat menentukan sisi atas bangun ruang |
|
3 |
|
|
8 |
|
|
|
L2 |
Siswa dapat mengerjakan hitung
campuran bilangan pangkat tiga |
|
|
1 |
|
|
|
|
|
L1 |
Siswa menggambar jaring – jaring
bangun ruang |
|
|
2 |
|
9 |
3.5 |
Menjelaskan, dan
menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti
kubus satuan) serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga |
Pangkat Tiga dan akar
pangkat tiga |
L1 |
Siswa dapat menentukan hasil dari
bilangan pangkat tiga |
6 |
|
|
|
10 |
|
|
|
L1 |
Siswa dapat menjumlahkan bilangan
akar pangkat tiga |
7 |
|
|
|
11 |
|
|
|
L1 |
Siswa dapat menghitung pengurangan dua bilangan akar pangkat
tiga |
8 |
|
|
|
12 |
|
|
|
L2 |
Siswa dapat menentukan panjang
rusuk dari kubus yang sudah diketahui volumenya. |
9 |
|
|
|
3 |
|
|
|
L2 |
Disajikan kubus, siswa dapat
menganalisis untuk menghitung volume |
10 |
|
|
|
4 |
|
|
|
L1 |
Disajikan gambar balok yang
terdiri dari kubus satuan, dapat menghitung volume balok |
11 |
|
|
|
5 |
|
|
|
L1 |
Siswa dapat menghitung volume
kubus yang sudah diketahui panjang rusuknya |
12 |
|
|
|
|
|
|
|
L2 |
Disajikan ilustrasi cerita
tentang balok dalam kehidupan sehari - hari, siswa dapat mengidentifikasi
jumlah balok yang tersusun |
13 |
|
|
|
|
|
|
|
L2 |
Disajikan bangun kubus dan balok
yang sudah diketahui ukurannya, siswa dapat menghitung volume bangun
tersebut. |
14 |
|
|
|
|
|
|
|
L2 |
Siswa mempu menghitung rusuk
bangun yang sudah diketahui volumenya |
|
4 |
|
|
|
|
|
|
L2 |
Siswa mampu menghitung volume
bangun ruang yang sudah diketahui luas alasnya. |
|
5 |
|
|
|
|
|
|
L3 |
Disajikan narasi, siswa dapat
menganalisis untuk menentukan banyaknya kubus – kubus kecil |
|
6 |
|
|
|
|
|
|
L2 |
Disajikan 2 buah bangun ruang,
siswa mampu menghitung volume dua bangun ruang |
|
|
3 |
|
1 |
3.8 |
Menjelaskan
penyajian data yang berkaitan dengan
diri peserta didik dan membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam
bentuk daftar, tabel, diagram gambar (piktogram), diagram batang, atau
diagram garis |
Pengolahan Data |
L1 |
Siswa dapat menghafal macam –
macam diagram |
15 |
|
|
|
3 |
|
|
|
L3 |
Disajikan diagram batang, siswa
dapat memperoleh informasi data dari diagram tersebut |
16 |
|
|
|
4 |
|
|
|
L3 |
Disajikan data dalam bentuk
tabel, siswa dapat persentase data |
17 |
|
|
|
5 |
|
|
|
L1 |
Siswa dapat menghitung rata –
rata dari dari data nilai |
18 |
|
|
|
|
|
|
|
L1 |
Disajikan diagram garis, siswa
dapat memperoleh nilai terbanyak dari diagram tersebut |
19 |
|
|
|
|
|
|
|
L3 |
Disajikan piktogram, siswa dapat
menganalisis selisih data |
20 |
|
|
|
|
|
|
|
L3 |
Disajikan diagram batang, siswa
dapat menganalisis jumlah data |
|
7 |
|
|
|
|
|
|
L3 |
Disajikan diagram lingkaran,
siswa dapat menganalisis persentase data |
|
8 |
|
|
|
|
|
|
L3 |
Disajikan diagram garis, siswa
dapat menganalisis jumlah data |
|
9 |
|
|
|
|
|
|
L3 |
Disajikan diagram garis, siswa
dapat menganalisis selisih data |
|
10 |
|
|
|
|
|
|
L3 |
Disajikan data siswa dapat
menganalilis jumlah dan selisih data |
|
|
4 |
|
|
|
|
|
L2 |
Disajikan data siswa dapat
menghitung persentase data |
|
|
5 |
Komentar
Posting Komentar