KISI-KISI SOAL MATEMATIKA PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) SEKOLAH DASAR

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

Mata/ Muatan Pelajaran    : Matematika                                                                             Jumlah Soal                 : 35 Butir

Kelas                                : V (Lima)                                                                                 Soal PG                       : 20 butir

Semester                          : II ( Genap )                                                                             Soal Isian                     : 10 butir

Alokasi Waktu                  : 90 Menit                                                                                 Soal Uraian                  :   5 butir

No

Kompetensi Dasar

Materi

Level Kognitif

Indikator Soal

Bentuk dan Soal

PG

Isian

Uraian

1

2

3

4

5

6

7

8

1

3.4

Menjelaskan dan menemukan jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok)

 

 

 

Jaring-Jaring Bangun Ruang

 

L1

Disajikan jaring – jaring kubus Siswa mampu menyebutkan alas jaring – jaring  kubus

1

 

 

2

 

siswa mampu menghitung luas permukaan kubus

2

 

 

3

L1

Disajikan jaring – jaring siswa dapat mengidentifikasi nama – nama jaring bangun ruang

3

 

 

4

L2

Siswa dapat menentukan jaring – jaring balok

4

 

 

5

L1

Siswa mampu mengidentifikasi sifat – sifat bangun ruang kubus

5

 

 

6

 

 

 

L1

Siswa dapat menghitung bilangan pangkat tiga

 

1

 

7

 

 

 

L1

Disajikan jaring – jaring bangun ruang, siswa dapat menyebutkan nama jaring bangun ruang

 

2

 

 

 

 

 

L1

Disajikan jaring – jaring bangun ruang, siswa dapat menentukan sisi atas bangun ruang

 

3

 

8

 

 

 

L2

Siswa dapat mengerjakan hitung campuran bilangan pangkat tiga

 

 

1

 

 

 

 

L1

Siswa menggambar jaring – jaring bangun ruang

 

 

2

9

3.5

Menjelaskan, dan menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga

Pangkat Tiga dan akar pangkat tiga

L1

Siswa dapat menentukan hasil dari bilangan pangkat tiga

6

 

 

10

 

 

 

L1

Siswa dapat menjumlahkan bilangan akar pangkat tiga

7

 

 

11

 

 

 

L1

Siswa dapat menghitung pengurangan dua bilangan akar pangkat tiga

8

 

 

12

 

 

 

L2

Siswa dapat menentukan panjang rusuk dari kubus yang sudah diketahui volumenya.

9

 

 

3

 

 

 

L2

Disajikan kubus, siswa dapat menganalisis untuk menghitung volume

10

 

 

4

 

 

 

L1

Disajikan gambar balok yang terdiri dari kubus satuan, dapat menghitung volume balok

11

 

 

5

 

 

 

L1

Siswa dapat menghitung volume kubus yang sudah diketahui panjang rusuknya

12

 

 

 

 

 

 

L2

Disajikan ilustrasi cerita tentang balok dalam kehidupan sehari - hari, siswa dapat mengidentifikasi jumlah balok yang tersusun

13

 

 

 

 

 

 

L2

Disajikan bangun kubus dan balok yang sudah diketahui ukurannya, siswa dapat menghitung volume bangun tersebut.

14

 

 

 

 

 

 

L2

Siswa mempu menghitung rusuk bangun yang sudah diketahui volumenya

 

4

 

 

 

 

 

L2

Siswa mampu menghitung volume bangun ruang yang sudah diketahui luas alasnya.

 

5

 

 

 

 

 

L3

Disajikan narasi, siswa dapat menganalisis untuk menentukan banyaknya kubus – kubus kecil

 

6

 

 

 

 

 

L2

Disajikan 2 buah bangun ruang, siswa mampu menghitung volume dua bangun ruang

 

 

3

1

3.8

Menjelaskan penyajian data  yang berkaitan dengan diri peserta didik dan membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk daftar, tabel, diagram gambar (piktogram), diagram batang, atau diagram garis

Pengolahan Data

 

L1

Siswa dapat menghafal macam – macam diagram

15

 

 

3

 

 

 

L3

Disajikan diagram batang, siswa dapat memperoleh informasi data dari diagram tersebut

16

 

 

4

 

 

 

L3

Disajikan data dalam bentuk tabel, siswa dapat persentase data

17

 

 

5

 

 

 

L1

Siswa dapat menghitung rata – rata dari dari data nilai

18

 

 

 

 

 

 

 

L1

Disajikan diagram garis, siswa dapat memperoleh nilai terbanyak dari diagram tersebut

19

 

 

 

 

 

 

L3

Disajikan piktogram, siswa dapat menganalisis selisih data

20

 

 

 

 

 

 

L3

Disajikan diagram batang, siswa dapat menganalisis jumlah data

 

7

 

 

 

 

 

L3

Disajikan diagram lingkaran, siswa dapat menganalisis persentase data

 

8

 

 

 

 

 

 

L3

Disajikan diagram garis, siswa dapat menganalisis jumlah data

 

9

 

 

 

 

 

L3

Disajikan diagram garis, siswa dapat menganalisis selisih data

 

10

 

 

 

 

 

L3

Disajikan data siswa dapat menganalilis jumlah dan selisih data

 

 

4

 

 

 

 

L2

Disajikan data siswa dapat menghitung persentase data

 

 

5

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Materi IPA Kelas V Tema 5 Kurikulum 13

Rangkuman Bahasa Indonesia Tema 5 Kelas V Kurikulum 13

BACAAN ISTIGHFAR RAJAB DAN FAEDAHNYA