KISI-KISI SOAL BAHASA JAWA PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) SEKOLAH DASAR

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

 

 

Mata Pelajaran                :    BAHASA JAWA                                                                                           Jumlah Soal                                 :    PG         : 25 soal

Kelas                               :    V (LIMA)                                              Isian                                                                                                   : 10 soal

Alokasi Waktu                :    90 menit                                                            Uraian                                                                                                :   5 soal

No

Kompetensi Dasar

Materi

Level Kognitif

Indikator Soal

Bentuk

dan Nomor Soal

PG

Isian

Uraian

1

2

3

4

5

6

7

8

1

3.5

 

 

 

 

Memahami tembang pangkur

 

 

 

Identifikasi Karakteristik tembang pangkur

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan salah yang termasuk tembang macapat

1

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan watak/sifat dari tembang pangkur

2

 

 

L1

Siswa dapat menentukan jumlah guru gatra pada tembang pangkur

3

 

 

Negesi Tembung-tembung ing Tembang Pangkur

L1

Disajikan contoh tembang pangkur siswa dapat menjelaskan makna kata yang ada di dalam tembang pangkur

4

 

 

Identifikasi Karakteristik tembang pangkur

 

 

L1

Disajikan contoh tembang pangkur siswa dapat menulisakan guru lagu pada salah satu gatra

5

 

 

L1

Siswa dapat menentukan paugeran guru lagu dan guru wilangan pada tembang pangkur

6

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan jumlah tembang macapat

 

26

 

L1

Siswa dapat menjelaskan pengertian dari guru lagu pada tembang macapat

 

27

 

L1

Siswa dapat menyebutkan tiga aturan/paugeran yang mengikat tembang macapat

 

 

36

2

3.6

Memahami cerita Legendha

 

Maca cerita legendha

L1

Disajikan teks cerita legendha siswa dapat menunjukan latar tempat yang ada di dalam cerita tersebut

7

 

 

L1

Disajikan teks cerita legendha siswa dapat mengartikan kata/tembung yang terdapat di dalam cerita

8

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan asal daerah dari salah satu cerita legendha

9

 

 

 

 

 

Unsur-Unsur Cerita Legendha

L1

 

L1

 

L1

 

L1

 

L1

 

L1

Siswa dapat menjelaskan pengertian paraga dalam cerita legendha

10

 

 

Siswa dapat memilih mana yang termasuk golongan cerita legendha atau bukan dengan melihat judulnya

11

 

 

Siswa dapat menjelaskan pengertian dari alur pada sebuah cerita legendha

12

 

 

Siswa dapat menuliskan pengertian dari latar dalam sebuah cerita legendha

 

29

 

Siswa dapat menjelaskan pengertian dari cerita legendha

 

30

 

Siswa dapat menyebutkan empat unsur-unsur yang terdapat di dalam cerita legendha

 

 

37

3

3.7

 

Memahami teks cerita wayang “Srikandhi Madeg Senapati”

 Maca cerita wayang “Srikandhi Madeg Senapati”

L1

Disajikan sebuah teks cerita wayang “Srikandhi madeg senapati” siswa dapat menemukan tokoh yang mengusulkan madeg senapati

13

 

 

L1

Disajikan sebuah teks cerita wayang “Srikandhi madeg senapati” siswa dapat menunjukan tempat terjadinya perang Baratayudha

14

 

 

L1

Disajikan sebuah teks cerita wayang  “Srikandhi madeg senapati” siswa dapat menyebutkan nama-nama yang gugur di dalam perang Baratayudha ketika melawan Resi Bisma

15

 

 

L1

Disajikan sebuah teks cerita wayang  “Srikandhi madeg senapati” siswa dapat mejawab pertanyaan sesuai dengan isi teks tersebut

16

 

 

 

L2

 

 

L1

 

 

 

L1

 

L1

 

 

L1

 

L1

Disajikan sebuah teks cerita wayang  “Srikandhi madeg senapati” siswa dapat menginterpretasikan gambaran peran tokoh utama

17

 

 

Disajikan sebuah teks cerita wayang  “Srikandhi madeg senapati” siswa dapat menemukan nama tokoh yang meminjami senjata ketika Srikandi maju menjadi senapati perang

18

 

 

 

 

 

 

Disajikan sebuah teks cerita wayang  “Srikandhi madeg senapati” siswa dapat menjelaskan wujud bentuk jelmaan sukma dari Dewi Amba

19

 

 

Disajikan sebuah teks cerita wayang  “Srikandhi madeg senapati” siswa dapat menyebutkan tokoh yang masuk ke dalam raga Srikandhi

 

31

 

Siswa dapat menyebutkan nama pusaka yang dipakai Srikandi dalam perang melawan Resi Bima

 

32

 

Siswa dapat menjelaskan alasan Prabu Kresna menunjuk Dewi Srikandi madeg senapati

 

 

38

4.

3.8

Memahami pasangan huruf jawa (20 pasangan)

Pasangan aksara jawa lan panggonane

L1

Siswa dapat menjelaskan fungsi dari pasangan aksara jawa

20

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan pasangan aksara jawa yang sama dengan aksara nglegenane jika mendapatkan sandhangan suku

21

 

 

L1

Siswa dapat menunjukan pasangan aksara jawa yang letak penulisannya berada di samping kanan aksara yang dipasanginya

22

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan jumlah pasangan aksara jawa yang sama dengan aksara aslinya

23

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan nama pasangan aksara jawa pada kalimat pendek/tembung

24

 

 

L1

Disajikan kalimat berbentuk aksara jawa siswa dapat membacanya dengan tepat

25

 

 

 

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan jumlah keseluruhan pasangan aksara jawa

 

33

 

L1

Disajikan pasangan aksara jawa siswa dapat menyebutkan nama pasangan aksara jawa tersebut

 

34

 

Nulis ukara aksara jawa lan pasangane

L1

Siswa dapat menuliskan tembung/kata menggunakan aksara jawa

 

35

 

L1

Siswa dapat menuliskan kalimat menggunakan aksara jawa dengan tepat

 

 

39

L2

Disajikan kalimat yang menggunakan aksara jawa siswa dapat menuliskan ke dalam aksara latin dengan tepat

 

 

40

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Materi IPA Kelas V Tema 5 Kurikulum 13

Rangkuman Bahasa Indonesia Tema 5 Kelas V Kurikulum 13

BACAAN ISTIGHFAR RAJAB DAN FAEDAHNYA