KISI-KISI SOAL BAHASA JAWA PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021
KISI-KISI
SOAL
PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) SEKOLAH DASAR
TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Mata Pelajaran : BAHASA JAWA Jumlah
Soal : PG
: 25
soal
Kelas : V (LIMA) Isian :
10
soal
Alokasi
Waktu : 90 menit Uraian
:
5 soal
|
No |
Kompetensi Dasar |
Materi |
Level Kognitif |
Indikator Soal |
Bentuk dan Nomor Soal |
|||
|
PG |
Isian |
Uraian |
||||||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
|
|
1 |
3.5 |
Memahami tembang pangkur |
Identifikasi Karakteristik tembang
pangkur |
L1 |
Siswa dapat menyebutkan salah yang
termasuk tembang macapat |
1 |
|
|
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan watak/sifat dari
tembang pangkur |
2 |
|
|
||||
|
L1 |
Siswa dapat menentukan jumlah guru gatra
pada tembang pangkur |
3 |
|
|
||||
|
Negesi Tembung-tembung ing Tembang
Pangkur |
L1 |
Disajikan contoh tembang pangkur siswa
dapat menjelaskan makna kata yang ada di dalam tembang pangkur |
4 |
|
|
|||
|
Identifikasi Karakteristik tembang
pangkur |
L1 |
Disajikan contoh tembang pangkur siswa dapat
menulisakan guru lagu pada salah satu gatra |
5 |
|
|
|||
|
L1 |
Siswa dapat menentukan paugeran guru
lagu dan guru wilangan pada tembang pangkur |
6 |
|
|
||||
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan jumlah tembang
macapat |
|
26 |
|
||||
|
L1 |
Siswa dapat menjelaskan pengertian dari
guru lagu pada tembang macapat |
|
27 |
|
||||
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan tiga
aturan/paugeran yang mengikat tembang macapat |
|
|
36 |
||||
|
2 |
3.6 |
Memahami cerita Legendha |
Maca cerita legendha |
L1 |
Disajikan teks cerita legendha siswa
dapat menunjukan latar tempat yang ada di dalam cerita tersebut |
7 |
|
|
|
L1 |
Disajikan teks cerita legendha siswa
dapat mengartikan kata/tembung yang terdapat di dalam cerita |
8 |
|
|
||||
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan asal daerah dari
salah satu cerita legendha |
9 |
|
|
||||
|
|
|
|
Unsur-Unsur Cerita Legendha |
L1 L1 L1 L1 L1 L1 |
Siswa dapat menjelaskan pengertian
paraga dalam cerita legendha |
10 |
|
|
|
Siswa dapat memilih mana yang termasuk
golongan cerita legendha atau bukan dengan melihat judulnya |
11 |
|
|
|||||
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian dari
alur pada sebuah cerita legendha |
12 |
|
|
|||||
|
Siswa dapat menuliskan pengertian dari
latar dalam sebuah cerita legendha |
|
29 |
|
|||||
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian dari
cerita legendha |
|
30 |
|
|||||
|
Siswa dapat menyebutkan empat
unsur-unsur yang terdapat di dalam cerita legendha |
|
|
37 |
|||||
|
3 |
3.7 |
Memahami teks cerita wayang “Srikandhi
Madeg Senapati” |
Maca
cerita wayang “Srikandhi Madeg Senapati” |
L1 |
Disajikan sebuah teks cerita wayang
“Srikandhi madeg senapati” siswa dapat menemukan tokoh yang mengusulkan madeg
senapati |
13 |
|
|
|
L1 |
Disajikan sebuah teks cerita wayang
“Srikandhi madeg senapati” siswa dapat menunjukan tempat terjadinya perang
Baratayudha |
14 |
|
|
||||
|
L1 |
Disajikan sebuah teks cerita wayang “Srikandhi madeg senapati” siswa dapat menyebutkan
nama-nama yang gugur di dalam perang Baratayudha ketika melawan Resi Bisma |
15 |
|
|
||||
|
L1 |
Disajikan sebuah teks cerita wayang “Srikandhi madeg senapati” siswa dapat
mejawab pertanyaan sesuai dengan isi teks tersebut |
16 |
|
|
||||
|
L2 L1 L1 L1 L1 L1 |
Disajikan sebuah teks cerita wayang “Srikandhi madeg senapati” siswa dapat menginterpretasikan
gambaran peran tokoh utama |
17 |
|
|
||||
|
Disajikan sebuah teks cerita wayang “Srikandhi madeg senapati” siswa dapat
menemukan nama tokoh yang meminjami senjata ketika Srikandi maju menjadi
senapati perang |
18 |
|
|
|||||
|
|
|
|
|
Disajikan sebuah teks cerita wayang “Srikandhi madeg senapati” siswa dapat menjelaskan
wujud bentuk jelmaan sukma dari Dewi Amba |
19 |
|
|
|
|
Disajikan sebuah teks cerita wayang “Srikandhi madeg senapati” siswa dapat menyebutkan
tokoh yang masuk ke dalam raga Srikandhi |
|
31 |
|
|||||
|
Siswa dapat menyebutkan nama pusaka yang
dipakai Srikandi dalam perang melawan Resi Bima |
|
32 |
|
|||||
|
Siswa dapat menjelaskan alasan Prabu
Kresna menunjuk Dewi Srikandi madeg senapati |
|
|
38 |
|||||
|
4. |
3.8 |
Memahami pasangan huruf jawa (20
pasangan) |
Pasangan aksara jawa lan panggonane |
L1 |
Siswa dapat menjelaskan fungsi dari
pasangan aksara jawa |
20 |
|
|
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan pasangan aksara
jawa yang sama dengan aksara nglegenane jika mendapatkan sandhangan suku |
21 |
|
|
||||
|
L1 |
Siswa dapat menunjukan pasangan aksara
jawa yang letak penulisannya berada di samping kanan aksara yang dipasanginya |
22 |
|
|
||||
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan jumlah pasangan
aksara jawa yang sama dengan aksara aslinya |
23 |
|
|
||||
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan nama pasangan
aksara jawa pada kalimat pendek/tembung |
24 |
|
|
||||
|
L1 |
Disajikan kalimat berbentuk aksara jawa
siswa dapat membacanya dengan tepat |
25 |
|
|
||||
|
|
|
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan jumlah
keseluruhan pasangan aksara jawa |
|
33 |
|
|
|
L1 |
Disajikan pasangan aksara jawa siswa
dapat menyebutkan nama pasangan aksara jawa tersebut |
|
34 |
|
||||
|
Nulis ukara aksara jawa lan pasangane |
L1 |
Siswa dapat menuliskan tembung/kata
menggunakan aksara jawa |
|
35 |
|
|||
|
L1 |
Siswa dapat menuliskan kalimat
menggunakan aksara jawa dengan tepat |
|
|
39 |
||||
|
L2 |
Disajikan kalimat yang menggunakan
aksara jawa siswa dapat menuliskan ke dalam aksara latin dengan tepat |
|
|
40 |
||||
Komentar
Posting Komentar