KISI-KISI SOAL BAHASA INDONESIA PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021
KISI-KISI SOAL
PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) SEKOLAH DASAR
TAHUN PELAJARAN
2020 / 2021
Mata/ Muatan Pelajaran :
Bahasa
Indonesia Jumlah
Soal : 40 Butir
Kelas : V (Lima) Soal
PG : 25 butir
Semester :
II ( Dua ) Soal
Isian : 10 butir
Alokasi Waktu : 90 Menit Soal Uraian : 5 butir
|
NO. |
KOMPETENSI
DASAR |
MATERI |
LEVEL
KOGNITIF |
INDIKATOR
SOAL |
BENTUK
DAN SOAL |
||
|
PG |
ISIAN |
URAIAN |
|||||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
|
1. |
3.2 Meringkas teks
penjelasan (ekplanasi) dari media cetak atau elektronik. |
Teks ekplanasi |
L2 |
·
Disajikan teks bacaan, siswa dapat menentukan
judul bacaan dengan tepat |
1 |
|
|
|
L3 |
·
Disajikan teks bacaan, siswa dapat menganalisis
kata kunci dalam teks bacaan dengan
tepat. |
2 |
|
|
|||
|
L1 |
·
Disajikan teks bacaan, siswa dapat mengidentifikasi
manfaat panas matahari bagi manusia dengan
tepat. |
3 |
|
|
|||
|
L3 |
·
Disajikan teks bacaan, siswa dapat menganalisis pokok
pikiran bacaan dengan tepat |
4 |
|
|
|||
|
L1 |
·
Disajikan teks bacaan berjudul “Bahan
Konduktor dan Isolator”, siswa
dapat mengidentifikasi
arti kata konduktor dengan tepat. |
5 |
|
|
|||
|
L3 |
·
Disajikan teks bacaan berjudul “Bahan
Konduktor dan Isolator”, siswa
dapat menganalisis informasi penting dalam
paragraf dua dengan tepat. |
6 |
|
|
|||
|
L2 |
·
Disajikan teks bacaan berjudul “Bahan
Konduktor dan Isolator”, siswa dapat
menemukan informasi tentang bahan-bahan isolator dengan tepat. |
7 |
|
|
|||
|
L3 |
·
Disajikan teks bacaan, siswa dapat menganalisis
kata kunci dalam bacaan dengan tepat |
8 |
|
|
|||
|
L3 |
·
Disajikan teks bacaan, siswa dapat menganalisis
pertanyaan yang sesuai isi bacaan dengan
tepat. |
9 |
|
|
|||
|
L3 |
·
Disajikan
teks bacaan, siswa dapat menganalisis kesimpulan bacaan dengan tepat. |
10 |
|
|
|||
|
L2 |
·
Disajikan
pernyataan, siswa dapat mengurutkan langkah-langkah menyusun ringkasan dengan
tepat. |
11 |
|
|
|||
|
L3 |
·
Disajikan
teks bacaan, siswa dapat menganalisis pokok pikiran bacaan dengan tepat. |
12 |
|
|
|||
|
L1 |
·
Disajikan
teks bacaan, siswa dapat mengidentifikasi cara perpindahan kalor dengan
benar. |
|
26 |
|
|||
|
L1 |
·
Disajikan
teks bacaan, siswa dapat mengidentifikasi arti kata termos yang ada dalam
bacaan dengan benar. |
|
27 |
|
|||
|
L2 |
·
Disajikan
teks bacaan, siswa dapat menemukan informasi dalam bacaan dengan benar. |
|
28 |
|
|||
|
L1 |
·
Disajikan
teks bacaan, siswa dapat mengidentifikasi tradisi masyarakat nelayan di desa
Lamalera dengan benar |
|
29 |
|
|||
|
L1 |
·
Disajikan
teks bacaan, siswa dapat mengidentifikasi cara masyarakat nelayan di desa
Lamalera menjaga agar paus tidak punah dengan benar. |
|
30 |
|
|||
|
L3 |
·
Disajikan
teks bacaan, siswa dapat membuat ringkasan bacaan dengan benar. |
|
|
36 |
|||
|
L3 |
·
Disajikan
teks bacaan berjudul “Festival Mane’e,Tradisi Nelayan di Pantai Malo”, siswa
dapat membuat kalimat tanya berdasarkan isi bacaan dengan benar. |
|
|
37 |
|||
|
2. |
3.5 Mencermati
penggunaan kalimat efektif dan ejaan dalam surat undangan (ulang tahun,
kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll) |
Surat
undangan |
L1 |
·
Siswa
dapat mengidentifikasi pengertian surat undangan dengan tepat |
13 |
|
|
|
L1 |
·
Siswa
dapat mengidentifikasi jenis surat undangan dengan tepat. |
14 |
|
|
|||
|
L2 |
·
Siswa
dapat menentukan makna kalimat efektif dengan benar. |
15 |
|
|
|||
|
L3 |
·
Disajikan contoh-contoh surat undangan, siswa
dapat menganalisis yang termasuk surat undangan resmi dengan tepat. |
16 |
|
|
|||
|
L1 |
·
Siswa
dapat mengidentifikasi penulisan nama kota dan tanggal surat undangan resmi
dengan tepat. |
17 |
|
|
|||
|
L2 |
·
Disajikan contoh surat undangan, siswa dapat
menentukan jenis surat undangan dengan tepat. |
18 |
|
|
|||
|
L1 |
·
Siswa
dapat mengidentifikasi bagian surat dengan benar. |
19 |
|
|
|||
|
L3 |
·
Disajikan surat undangan resmi, siswa dapat
menganalisis bagian pembuka surat dengan
tepat. |
20 |
|
|
|||
|
L3 |
·
Disajikan
surat undangan resmi, siswa dapat menganalisis bagian surat dengan tepat. |
21 |
|
|
|||
|
L3 |
·
Disajikan
surat undangan, siswa dapat menganalisis kalimat efektif sebagai penutup
surat undangan resmi dengan benar. |
22 |
|
|
|||
|
L3 |
·
Disajikan
surat undangan, siswa dapat menganalisis jenis surat undangan tersebut dengan
benar. |
23 |
|
|
|||
|
L1 |
·
Siswa
dapat mengidentifikasi kalimat pembuka undangan tidak resmi dengan benar. |
24 |
|
|
|||
|
L1 |
·
Disajikan
surat undangan, siswa dapat mengidentifikasi acara dalam surat undangan dengan
benar. |
25 |
|
|
|||
|
L1 |
·
Siswa
dapat mengidentifikasi ciri surat undangan tidak resmi dengan benar. |
|
31 |
|
|||
|
L3 |
·
Disajikan
teks deskripsi, siswa dapat menganalisis jenis surat undangan dengan benar. |
|
32 |
|
|||
|
L1 |
·
Disajikan
bagian surat undangan, siswa dapat menganalisis bagian surat dengan benar. |
|
33 |
|
|||
|
L3 |
·
Disajikan
surat undangan, siswa dapat mengidentifikasi orang yang diundang dalam acara
tersebut dengan benar. |
|
34 |
|
|||
|
L3 |
·
Disajikan
surat undangan, siswa dapat menganalisis jenis surat undangan dengan benar. |
|
35 |
|
|||
|
|
|
|
L3 |
·
Disajikan
surat undangan, siswa dapat menganalisis isi surat undangan dengan tepat. |
|
|
38 |
|
|
|
|
L3 |
·
Disajikan
teks deskripsi, siswa dapat membuat surat undangan tidak resmi dengan benar |
|
|
39 |
|
|
|
|
L3 |
·
Siswa
dapat menganalisis perbedaan surat undangan resmi dan tidak resmi dengan
benar. |
|
|
40 |
Komentar
Posting Komentar