KISI-KISI SOAL BAHASA INDONESIA PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021

 

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) SEKOLAH DASAR

TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021

 

Mata/ Muatan Pelajaran          : Bahasa Indonesia                                                                                                                                          Jumlah Soal     : 40 Butir

Kelas                                       : V (Lima)                                                                                                                                                       Soal PG           : 25 butir

Semester                                  : II ( Dua )                                                                                                                                                       Soal Isian        : 10 butir

Alokasi Waktu                        : 90 Menit                                                                                                                                                        Soal Uraian     :   5 butir

 

 

 

NO.

KOMPETENSI DASAR

MATERI

LEVEL KOGNITIF

INDIKATOR SOAL

BENTUK DAN SOAL

PG

ISIAN

URAIAN

1

2

3

4

5

6

7

8

1.

3.2 Meringkas teks penjelasan (ekplanasi) dari media cetak atau elektronik.

 

 Teks ekplanasi

L2

·         Disajikan teks bacaan, siswa dapat menentukan judul bacaan dengan tepat

1

 

 

L3

·         Disajikan teks bacaan, siswa dapat menganalisis kata kunci dalam teks bacaan dengan tepat.

2

 

 

L1

·         Disajikan teks bacaan, siswa dapat mengidentifikasi manfaat panas matahari bagi manusia dengan tepat.

3

 

 

L3

·         Disajikan teks bacaan, siswa dapat menganalisis pokok pikiran bacaan dengan tepat

4

 

 

L1

·         Disajikan teks bacaan berjudul “Bahan Konduktor dan Isolator”, siswa dapat  mengidentifikasi arti kata konduktor dengan tepat.

5

 

 

L3

·         Disajikan teks bacaan berjudul “Bahan Konduktor dan Isolator”, siswa dapat menganalisis informasi penting dalam paragraf dua dengan tepat.

6

 

 

L2

·         Disajikan teks bacaan berjudul “Bahan Konduktor dan Isolator”, siswa dapat menemukan informasi tentang bahan-bahan isolator  dengan tepat.

7

 

 

L3

·         Disajikan teks bacaan, siswa dapat menganalisis kata kunci dalam bacaan dengan tepat

8

 

 

L3

·         Disajikan teks bacaan, siswa dapat menganalisis pertanyaan yang sesuai isi bacaan dengan tepat.

9

 

 

L3

·         Disajikan teks bacaan, siswa dapat menganalisis kesimpulan bacaan dengan tepat.

10

 

 

L2

 

·         Disajikan pernyataan, siswa dapat mengurutkan langkah-langkah menyusun ringkasan dengan tepat.

11

 

 

L3

·          Disajikan teks bacaan, siswa dapat menganalisis pokok pikiran bacaan dengan tepat.

12

 

 

L1

·          Disajikan teks bacaan, siswa dapat mengidentifikasi cara perpindahan kalor dengan benar.

 

26

 

L1

·          Disajikan teks bacaan, siswa dapat mengidentifikasi arti kata termos yang ada dalam bacaan dengan benar.

 

27

 

L2

·          Disajikan teks bacaan, siswa dapat menemukan informasi dalam bacaan dengan benar.

 

28

 

L1

·          Disajikan teks bacaan, siswa dapat mengidentifikasi tradisi masyarakat nelayan di desa Lamalera dengan benar

 

29

 

L1

·          Disajikan teks bacaan, siswa dapat mengidentifikasi cara masyarakat nelayan di desa Lamalera menjaga agar paus tidak punah dengan benar.

 

30

 

L3

·          Disajikan teks bacaan, siswa dapat membuat ringkasan bacaan dengan benar.

 

 

36

L3

·          Disajikan teks bacaan berjudul “Festival Mane’e,Tradisi Nelayan di Pantai Malo”, siswa dapat membuat kalimat tanya berdasarkan isi bacaan dengan benar.

 

 

37

2.

3.5 Mencermati penggunaan kalimat efektif dan ejaan dalam surat undangan (ulang tahun, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll)

 

Surat undangan

L1

·         Siswa dapat mengidentifikasi pengertian surat undangan dengan tepat

13

 

 

L1

·         Siswa dapat mengidentifikasi jenis surat undangan dengan tepat.

14

 

 

L2

·         Siswa dapat menentukan makna kalimat efektif dengan benar.

15

 

 

L3

·         Disajikan contoh-contoh surat undangan, siswa dapat menganalisis yang termasuk surat undangan resmi dengan tepat.

16

 

 

L1

·         Siswa dapat mengidentifikasi penulisan nama kota dan tanggal surat undangan resmi dengan tepat.

17

 

 

L2

·         Disajikan contoh surat undangan, siswa dapat menentukan jenis surat undangan dengan tepat.

18

 

 

L1

·         Siswa dapat mengidentifikasi bagian surat dengan benar.

19

 

 

L3

·         Disajikan surat undangan resmi, siswa dapat menganalisis bagian pembuka surat dengan tepat.

20

 

 

L3

·         Disajikan surat undangan resmi, siswa dapat menganalisis bagian surat dengan tepat.

21

 

 

L3

·         Disajikan surat undangan, siswa dapat menganalisis kalimat efektif sebagai penutup surat undangan resmi dengan benar.

22

 

 

L3

·         Disajikan surat undangan, siswa dapat menganalisis jenis surat undangan tersebut dengan benar.

23

 

 

L1

·          Siswa dapat mengidentifikasi kalimat pembuka undangan tidak resmi dengan benar.

24

 

 

L1

·          Disajikan surat undangan, siswa dapat mengidentifikasi acara dalam surat undangan dengan benar.

25

 

 

L1

·          Siswa dapat mengidentifikasi ciri surat undangan tidak resmi dengan benar.

 

31

 

L3

·          Disajikan teks deskripsi, siswa dapat menganalisis jenis surat undangan dengan benar.

 

32

 

L1

·          Disajikan bagian surat undangan, siswa dapat menganalisis bagian surat dengan benar.

 

33

 

L3

·          Disajikan surat undangan, siswa dapat mengidentifikasi orang yang diundang dalam acara tersebut dengan benar.

 

34

 

L3

·          Disajikan surat undangan, siswa dapat menganalisis jenis surat undangan dengan benar.

 

35

 

 

 

 

L3

·          Disajikan surat undangan, siswa dapat menganalisis isi surat undangan dengan tepat.

 

 

38

 

 

 

L3

·          Disajikan teks deskripsi, siswa dapat membuat surat undangan tidak resmi dengan benar

 

 

39

 

 

 

L3

·          Siswa dapat menganalisis perbedaan surat undangan resmi dan tidak resmi dengan benar.

 

 

40

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Materi IPA Kelas V Tema 5 Kurikulum 13

Rangkuman Bahasa Indonesia Tema 5 Kelas V Kurikulum 13

BACAAN ISTIGHFAR RAJAB DAN FAEDAHNYA