KISI-KISI IPA PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021
KISI-KISI PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) SEKOLAH DASAR
TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Mata/Muatan Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam Jumlah Soal : 35 soal
Kelas :
V (Lima) Soal PG : 20 soal
Semester :
II (Genap) Soal Isian : 10 soal
Alokasi Waktu :
90 menit Soal uraian : 5
soal
|
No |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI |
INDIKATOR SOAL |
LEVEL KOGNITIF |
BENTUK DAN SOAL |
||
|
PG |
ISIAN |
URAIAN |
|||||
|
1 |
2 |
3 |
5 |
4 |
6 |
7 |
8 |
|
1. |
3.6
Menerapkan
konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari |
Perbedaan suhu dan panas |
· Siswa dapat menentukan kegunaan energi panas
matahari pada tumbuhan. |
L1 |
1 |
|
|
|
·
Siswa dapat menentukan arti dari suhu. |
L1 |
2 |
|
|
|||
|
· Disajikan gambar termometer, siswa dapat menentukan
satuan suhu yang digunakan di Indonesia. |
L1 |
|
21 |
|
|||
|
·
Siswa dapat menjelaskan perubahan suhu suatu benda. |
L2 |
3 |
|
|
|||
|
Perubahan akibat perubahan
suhu |
· Disajikan gambar rel kereta api, siswa dapat
menjelaskan tujuan sambungan rel kereta api dibuat renggang. |
L2 |
4 |
|
|
||
|
Perpindahan panas |
· Siswa dapat menyebutkan akibat perubahan suhu yang
terjadi pada gelas kaca tiba-tiba pecah ketika dituangi air panas. |
L2 |
|
22 |
|
||
|
· Disajikan tabel peristiwa konduksi dan konveksi,
siswa dapat menentukan 2 contoh peristiwa konduksi. |
L1 |
5 |
|
|
|||
|
· Siswa dapat memberikan 3 contoh cara perpindahan
panas secara konveksi. |
L2 |
|
|
31 |
|||
|
· Siswa dapat menyebutkan cara perpindahan panas pada
pemanfaatan ventilasi didalam rumah. |
L2 |
|
23 |
|
|||
|
· Disajikan gambar cara perpindahan panas, siswa dapat
menentukan cara perpindahan panas tersebut. |
L2 |
6 |
|
|
|||
|
· Siswa dapat menentukan prinsip perpindahan panas
pada oven. |
L2 |
|
24 |
|
|||
|
· Disajikan gambar peristiwa angin darat dan angin
laut, siswa dapat menentukan cara perpindahan panas pada peristiwa tersebut. |
L1 |
7 |
|
|
|||
|
· Siswa dapat menjelaskan penyebab menggunakan baju
hitam di siang hari terasa panas. |
L1 |
8 |
|
|
|||
|
Bahan konduktor dan isolator |
· Disajikan gambar panci, siswa dapat menentukan nama
bahan yang ditunjukkan anak panah. |
L1 |
|
25 |
|
||
|
· Disajikan gambar benda-benda yang dapat mencegah
aliran panas suatu benda, siswa dapat menentukan nama bahan tersebut. |
L1 |
9 |
|
|
|||
|
· Siswa dapat
menjelaskan cara kerja selimut sebagai bahan isolator. |
L2 |
|
|
32 |
|||
|
· Disajikan pernyataan benda-benda konduktor dan
isolator, siswa dapat menyebutkan 2 benda konduktor. |
L1 |
10 |
|
|
|||
|
· Siswa dapat menjelaskan bahan, sifat hantaran, dan
kegunaan dari alas setrika. |
L2 |
|
|
33 |
|||
|
2 |
3.7 Menganalisis siklus air dan dampaknya
pada peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk hidup |
Siklus air |
· Siswa dapat menentukan manfaat air bagi kehidupan manusia
|
L1 |
11 |
|
|
|
· Disajikan bagan siklus air, siswa dapat menentukan nama
dari bagan tesebut. |
L1 |
12 |
|
|
|||
|
· Siswa dapat menyebutkan alasan air selalu tersedia
di bumi.
|
L2 |
|
26 |
|
|||
|
· Disajikan gambar siklus air, siswa dapat menentukan
peristiwa air di laut, sungai, dan danau menguap akibat panas dari sinar
matahari. |
L1 |
13 |
|
|
|||
|
· Disajikan gambar siklus air, siswa dapat menentukan
peristiwa pengembunan. |
L1 |
14 |
|
|
|||
|
· Siswa dapat menentukan yang bukan termasuk
faktor-faktor mempercepat atau memperlambat daur air. |
L2 |
15 |
|
|
|||
|
· Siswa dapat menentukan yang berperan dalam
mengendalikan daur air sebagai daerah resapan air. |
L1 |
|
27 |
|
|||
|
Air permukaan tanah |
· Siswa dapat menyebutkan salah satu kegiatan yang
dapat mengurangi kemampuan tanah dalam menyimpan air. |
L2 |
|
28 |
|
||
|
· Siswa dapat menyebutkan 3 jenis yang termasuk air
permukaan. |
L1 |
|
|
34 |
|||
|
Air untuk bebutuhan
sehari-hari |
· Siswa dapat menentukan perilaku manusia untuk
menjaga kelestarian air sungai. |
L1 |
16 |
|
|
||
|
· Siswa dapat menyebutkan salah satu komponen
persyaratan air bersih secara fisik. |
L1 |
|
29 |
|
|||
|
Pengaruh kualitas air
terhadap kehidupan |
· Disajikan pernyataan tentang faktor yang
mempengaruhi kualitas air, siswa dapat menentukan yang termasuk faktor kimia. |
L1 |
17 |
|
|
||
|
· Siswa dapat menentukan salah satu cara menjaga kualitas
air |
L2 |
18 |
|
|
|||
|
· Siswa dapat menentukan akibat dari pencemaran air
oleh sampah organik dan anorganik. |
L2 |
|
30 |
|
|||
|
· Siswa dapat menyebutkan 3 upaya penanggulangan
pencemaran air. |
L2 |
|
|
35 |
|||
|
· Siswa dapat menentukan peringatan hari air sedunia (world
water day). |
L1 |
19 |
|
|
|||
|
· Disajikan gambar penumpukan sampah di sungai, siswa
dapat menentukan bencana alam akibat penumpukan sampah tersebut. |
L1 |
20 |
|
|
|||
Komentar
Posting Komentar