KISI-KISI IPA PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

KISI-KISI PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) SEKOLAH DASAR

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

Mata/Muatan Pelajaran       : Ilmu Pengetahuan Alam                                                                                                                Jumlah Soal   : 35 soal

Kelas                                       : V (Lima)                                                                                                                                          Soal PG          : 20 soal

Semester                                 : II (Genap)                                                                                                                                        Soal Isian        : 10 soal

Alokasi Waktu                      : 90 menit                                                                                                                                           Soal uraian     :   5 soal

 

No

KOMPETENSI DASAR

MATERI

INDIKATOR SOAL

LEVEL

KOGNITIF

BENTUK DAN SOAL

PG

ISIAN

URAIAN

1

2

3

5

4

6

7

8

1.

3.6 Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari

Perbedaan suhu dan panas

·     Siswa dapat menentukan kegunaan energi panas matahari pada tumbuhan.

L1

1

 

 

·     Siswa dapat menentukan arti dari suhu.

L1

2

 

 

·     Disajikan gambar termometer, siswa dapat menentukan satuan suhu yang digunakan di Indonesia.

L1

 

21

 

·      Siswa dapat menjelaskan perubahan suhu suatu benda.

L2

3

 

 

Perubahan akibat perubahan suhu

·     Disajikan gambar rel kereta api, siswa dapat menjelaskan tujuan sambungan rel kereta api dibuat renggang.

L2

4

 

 

 

 

 

 

Perpindahan  panas

·     Siswa dapat menyebutkan akibat perubahan suhu yang terjadi pada gelas kaca tiba-tiba pecah ketika dituangi air panas.

L2

 

22

 

·     Disajikan tabel peristiwa konduksi dan konveksi, siswa dapat menentukan 2 contoh peristiwa konduksi.

L1

5

 

 

·      Siswa dapat memberikan 3 contoh cara perpindahan panas secara konveksi.

L2

 

 

31

·      Siswa dapat menyebutkan cara perpindahan panas pada pemanfaatan ventilasi didalam rumah.

L2

 

23

 

·     Disajikan gambar cara perpindahan panas, siswa dapat menentukan cara perpindahan panas tersebut.

L2

6

 

 

·     Siswa dapat menentukan prinsip perpindahan panas pada oven.

L2

 

24

 

·      Disajikan gambar peristiwa angin darat dan angin laut, siswa dapat menentukan cara perpindahan panas pada peristiwa tersebut.

L1

7

 

 

·     Siswa dapat menjelaskan penyebab menggunakan baju hitam di siang hari terasa panas.

L1

8

 

 

 

 

 

 

Bahan konduktor dan isolator

·      Disajikan gambar panci, siswa dapat menentukan nama bahan yang ditunjukkan anak panah.

L1

 

25

 

·      Disajikan gambar benda-benda yang dapat mencegah aliran panas suatu benda, siswa dapat menentukan nama bahan tersebut.

L1

9

 

 

·      Siswa dapat menjelaskan cara kerja selimut sebagai bahan isolator.

L2

 

 

32

·     Disajikan pernyataan benda-benda konduktor dan isolator, siswa dapat menyebutkan 2 benda konduktor.

L1

10

 

 

·     Siswa dapat menjelaskan bahan, sifat hantaran, dan kegunaan dari alas setrika.

L2

 

 

33

2

3.7 Menganalisis

siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk hidup

Siklus air

·     Siswa dapat menentukan manfaat air bagi kehidupan manusia

L1

11

 

 

·     Disajikan bagan siklus air, siswa dapat menentukan nama dari bagan tesebut.

L1

12

 

 

·     Siswa dapat menyebutkan alasan air selalu tersedia di bumi.

L2

 

26

 

·     Disajikan gambar siklus air, siswa dapat menentukan peristiwa air di laut, sungai, dan danau menguap akibat panas dari sinar matahari.

L1

13

 

 

·     Disajikan gambar siklus air, siswa dapat menentukan peristiwa pengembunan.

L1

14

 

 

·     Siswa dapat menentukan yang bukan termasuk faktor-faktor mempercepat atau memperlambat daur air.

L2

15

 

 

·     Siswa dapat menentukan yang berperan dalam mengendalikan daur air sebagai daerah resapan air.

L1

 

27

 

Air permukaan tanah

·     Siswa dapat menyebutkan salah satu kegiatan yang dapat mengurangi kemampuan tanah dalam menyimpan air.

L2

 

28

 

·     Siswa dapat menyebutkan 3 jenis yang termasuk air permukaan.

L1

 

 

34

Air untuk bebutuhan sehari-hari

·       Siswa dapat menentukan perilaku manusia untuk menjaga kelestarian air sungai.

L1

16

 

 

·     Siswa dapat menyebutkan salah satu komponen persyaratan air bersih secara fisik.

L1

 

29

 

Pengaruh kualitas air terhadap kehidupan

·     Disajikan pernyataan tentang faktor yang mempengaruhi kualitas air, siswa dapat menentukan yang termasuk faktor kimia.

L1

17

 

 

·     Siswa dapat menentukan salah satu cara menjaga kualitas air

L2

18

 

 

·     Siswa dapat menentukan akibat dari pencemaran air oleh sampah organik dan anorganik.

L2

 

30

 

·     Siswa dapat menyebutkan 3 upaya penanggulangan pencemaran air.

L2

 

 

35

·     Siswa dapat menentukan peringatan hari air sedunia (world water day).

L1

19

 

 

·     Disajikan gambar penumpukan sampah di sungai, siswa dapat menentukan bencana alam akibat penumpukan sampah tersebut.

L1

20

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Materi IPA Kelas V Tema 5 Kurikulum 13

Rangkuman Bahasa Indonesia Tema 5 Kelas V Kurikulum 13

BACAAN ISTIGHFAR RAJAB DAN FAEDAHNYA