Pandhawa Lima


Pandhawa Lima

 Prabu Pandu Dewanata adalah putra dari Begawan Abiyasa dan Dewi Ambalika. Prabu Pandu Dewanata mempunyai istri yang bernama Dewi Kunthi dan Dewi Madrim. Dewi Kunthi melahirkan Yudhistira, Werkudara, dan Arjuna.Sedangkan Dewi Madrim melahirkan Nakula dan Sadewa.Kelima putra Pandu sangat patuh terhadap perintah orangtuanya dan semua mengikuti jalan kebaikan juga kebenaran.

                                 I. Raden Yudhistira



Raden Yudhistira adalah anak dari Prabu Pandu Dewanata dengan Dewi Kunthi. Raden Yudhistira adalah anak tertua di keluarga pandhwa. Ia mempunyai nama lain yaitu Raden Puntadewa, dan mempunyai watak jujur, baik hati, menurut kepada orang tua. Mempunyai satu istri yaitu Dewi Drupadi,sayangnya Raden Yudhistira di dalam buku cerita Baratayuda tidak mempunyai keturunan. Ia sangat menghormati orang yang lebih tua dari usianya, dan ia selalu memegang prinsipnya yang selalu kejalan kejujuran dan kebenaran. Prinsip itu adalah prinsip keluarga pandhawa yang selalu diajarkan oleh Prabu Pandu dan Dewi Kunthi.

Raden Yudhistira mempunyai kerajaan sendiri yang bernama Amarta, dan mempunyai senjata yaitu Jamus Kalimasada. Senjata tersebut yang selalu dipakai oleh Raden Yudhistira saat berperang melawan kejahatan yang selalu datang untuk mematikan prinsip kebenaran.

                                                       
 II. Raden Werkudara

Raden Werkudara adalah anak kedua dari Prabu Pandu dan Dewi Kunti. Dari keempat saudaranya,ia adalah anak yang paling berani, gagah, tinggi besar, paling kuat dan ia juga bertugas untuk menjaga seluruh anggota keluarga pandawa khususnya ibunya yaitu Dewi Kunti setelah sepeninggalan ayahnya. Raden Werkudara mempunyai nama lain yaitu Bratasena, dan Bima.Memiliki dua istri juga dua anak yaitu Raden Antasena dari istrinya yang pertama Dewi Nagagini,dan Raden Gathotkaca dari istrinya yang kedua yaitu Dewi Arimbi. 

Sebagai kewajibannya untuk melindungi dan menjaga seluruh keluarga pandawa, Raden Werkudara mempunyai senjata yang bernama Gada RujakPolo dan Kuku Pancanaka. Beliau sangat menyayangi keluarganya apalagi dia sangat sayang kepada ibunya. Raden Werkudara tinggal di Kesatrian Jodhipati.

III. Raden Janaka

Raden Janaka adalah anak ketiga dari Prabu Pandu dan Dewi Kunti. Raden Janaka mempunyai nama lain yaitu Harjuna, Permadi (panggilan saat masih muda), Arjuna. Dari keempat saudaranya, yang mempunyai paras paling tampan adalah Raden Janaka, maka dari itu dia memiliki banyak istri daripada saudara lainnya. salah satu istri beserta anaknya adalah Raden Angkawijaya dari istrinya Dewi Sembadra, Raden Bambang Irawan dari Dewi Ulupi, Dewi Srikandi, Dewi Lestari,dan masih banyak lagi istri dari Raden Janaka.
Raden Janaka memiliki senjata sakti berupa panah yaitu Pasopati dan Panah Ardadedali. Ia juga mendirikan kerajaan sendiri yang bernama Kasatriyan Madukara. Karena parasnya yang tamapan, maka itu dia memanfaatkan ketampanannya untuk memperkuat pasukan yang kedepannya sebagai pasukan perang di Baratayuda.

  IV. Nakula dan Sadewa

Nakula dan Sadewa adalah anak keempat dan kelima dari Prabu Pandu bersama Dewi Madrim. Nakula dan Sadewa adalah dua anak kembar yang mempunyai nama lain Pinten dan Tengsen. Bertempat tinggal di Sawojajar dan Bumiratawu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AMALAN BULAN RAJAB

Rangkuman Bahasa Indonesia Tema 5 Kelas V Kurikulum 13