Kisi-kisi PAS PJOK Kelas 5 TP. 2020/2021
|
Kompetensi Dasar |
Materi |
Level Kognitif |
Indikator Soal |
Bentuk dan Soal |
|||
|
PG |
Isian |
Uraian |
|||||
|
3.1 |
Memahami kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor,
dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan
dalam berbagai permainan bola besar/bola kecil sederhana dan atau
tradisional* |
Permainan Bola Besar (Sepak Bola) Permainan Bola Besar ( Bola Voly ) Permainan Bola Kecil ( Kasti ) |
( L1) ( L1) ( L2 ) ( L1 ) ( L1 ) ( L1 ) ( L1 ) ( L1) ( L 1 ) ( L1) ( L1) ( L2 ) ( L3 ) ( L1 ) ( L3 ) ( L3 ) |
-
Disajikan materi macam - macam teknik dasar
permainan sepak bola, siswa dapat mengidentifikasi
teknik dasar shoting dalam
permainan sepak bola -
Disajikan materi macam - macam teknik dasar
permainan sepak bola, siswa dapat mengidentifikasi
teknik dasar drible dengan kaki bagian
dalam pada permainan sepak bola dengan benar -
Disajikan materi peraturan sepak bola, siswa dapat menentukan waktu
yang digunakan dalam bermain sepak bola -
Disajikan materi peraturan sepak bola, siswa dapat mengidentifikasi ukuran lapangan sepak bola dengan benar -
Disajikan materi
peraturan sepak bola, siswa dapat
mengidentifikasi hukuman apa bila terjadi offside -
Disajikan konsep
gerak lokomotor, siswa mapu mengidentifikasi
gerak lokomotor pada permainan sepak bola -
Disajikan macam - macam teknik dasar bola voly, siswa mampu menjelaskan cara melakukan gerakan passing
bawah dalam permainan bola voly -
Disajikan soal teknik servis bawah, siswa mampu menyebutkan
pukulan permulaan dalam dalam
permainan bola voly -
Disajikan ilustrasi gambar teknik dasar bola voly, siswa mampu menyebutkan gambar tekhnik smash dalam permainan bola voly -
Disajikan konsep gerak dasar lokomotor dan non lokomotor, siswa
mampu menyebutkan gerak lokomotor dan manipulatif pada permainan bola voly -
Disajikan peraturan permainan kasti, siswa mampu mengidentifikasi jumlah pemain kasti dalam
satu regu -
Disajikan materi tekhnik dasar permainan kasti, siswa mampu mengidentifikasi kegunaan lemparan mendatar pada permainan kasti -
Disajikan materi peraturan Permainan Kasti, siswa mampu mengidentifikasi lemparan sah dan tidak sah dalam permainan kasti -
Disajikan konsep gerak dasar manipulative dan lokomotor, siswa
dapat mengidentifikasi gerak manipulatif dan lokomotor pada salah satu
tekhnik dasar kasti -
Disajikan materi peraturan Permainan Kasti, siswa dapat mengidentifikasi tugas regu
jaga pada permainan kasti -
Disajikan soal, dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi
gerak manipulatif pada permainan bola kasti |
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 |
1 2 3 4 |
1 |
|
3.2 |
Memahami kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan
lempar melalui permainan/olahraga |
Lari jarak Pendek Lompat Jauh Lempar Turbo |
( L3 ) ( L1 ) ( L1 ) ( L1 ) ( L1 ) ( L1 ) ( L1 ) ( L1 ) ( L1 ) ( L1 ) ( L1 ) |
-
Disajikan materi lari jarak pendek, siswa mampu
mengidentifikisai istilah lain dari lari jarak pendek -
Disajikan materi tekhnik start, siswa dapat
mengurutkan gerakan start jongkok pada aba – aba “siap” -
Disajikan materi tekhnik start
jongkok, siswa mampu
menyebutkan aba – aba
pada start jongkok -
Disajikan peraturan cabang olah
raga lari jarak pendek, siswa dapat mengetahui start yang di gunakan
pada nomor lari jarak pendek -
Disajikan materi tekhnik dasar
lompat jauh ,
siswa memahami tahapan gerak dasar lompat jauh -
Disajikan materi
tekhnik dasar lompat jauh,
siswa dapat mengidentifikasi kaki yang harus digunakan pada saat melaukan
tolakan pada lompat jauh -
Disajikan
materi
kombinasi gerakdasar pada cabang olahraga lompat jauh, siswa
dapat mengidentifikasi kombinasi gerak dasar jalan dan lari dalam
gerak dasar lompat jauh Disajikan
materi
kombinasi gerakdasar pada cabang olahraga lompat jauh, siswa dapat
mengidentifikasi kombinasi gerakan apa saja yang terdapat pada gerakan
menumpu pada lompat jauh -
Disajikan materi teknhnik dasar lompat jauh, siswa dapat menyebutkan 4 tekhnik dasar lompat jauh -
Disajikan
materi
cabang-cabang olahraga kids atletik, siswa dapat menyebutkan
nama cabang kids atletik yang memuat gerakan
jalan, lari dan lempar - Disajikan materi cabang-cabang olahraga kids atletik,
siswa dapat menyebutkan kombinasi gerak dasar yang terdapat pada cabang
olahraga lempar turbo |
12 13 14 15 16 17 |
5 6 7 |
2 3 |
|
3.3 |
Menerapkan variasi gerak dasar lokomotor dan non lokomotor
untuk membentuk gerak dasar seni beladiri** |
Pencak
silat |
( L2 ) ( L1 ) ( L1 ) ( L2 ) ( L2 ) ( L1 ) |
-
Disajikan materi tekhnik dasar pencak silat, siswa dapat mengedintifikasi jenis gerakan
pada pukulan mengarah ke dada -
Disajikan materi tekhnik dasar pencak sila, siswa dapat mengidentifikasi jenis gerakan
kuda – kuda depan dalam telkhnik pencak silat -
Disajikan materi tekhnik dasar pencak sila, siswa dapat mengidentifikasi jenis gerakan
kuda – kuda samping dalam telkhnik pencak silat -
Disajikan pengetahuan
tentang pencak silat, siswa dapat menyebutkan
negara pencipta pencak silat -
Disajikan pengetahuan
tentang pencak silat, siswa dapat menyebutkan
induk organisasi pencak silat di Indonesia -
Disajikan konsep gerak
dasar pencak silat, siswa dapat menyebutkan
macam – macam pola langkah dalam cabang pencak silat |
18 19 20 21 |
8 |
5 |
|
3.4 |
Memahami aktivitas latihan daya tahan jantung (cardio
respiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani |
Latihan
kebugaran jasmani |
( L1 ) ( L2 ) ( L2 ) ( L1 ) ( L2 ) ( L2 ) ( L1 ) |
-
Disajikan materi
kebugaran tubuh, siswa dapat mendefinisikan pengertian dari kebugaran tubuh -
Disajikan materi macam –
macam latihan fisik dan kegunaanya, siswa dapat
mengidentifikasi latihan fisik untuk meningkatkan kekuatan otot perut -
Disajikan materi macam –
macam latihan fisik dan kegunaanya, siswa dapat
mengidentifikasi latihan fisik untuk meningkatkan kekuatan otot lengan dan bahu -
Disajikan materi berbagai
latihan untuk melatih kekuatan fisik, siswa dapat
mendefinisikan lari yang bentuknya berganti – ganti kecepatan -
Siswa dapat mengidentifikasi posisi badan pada saat
melakukan gerakan gerobak dorong -
Siswa dapat menyebutkan manfaat jogging dipagi hari -
Disajikan materi macam – macam daya tahan jantung, Siswa
dapat menyebutkan 2 unsur daya tahan jantung |
22 23 24 25 |
9 10 |
4 |
Komentar
Posting Komentar