Kisi-kisi PAS PJOK Kelas 5 TP. 2020/2021

 

 

Kompetensi Dasar

Materi

Level Kognitif

Indikator Soal

Bentuk dan Soal

PG

Isian

Uraian

3.1

Memahami kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai permainan bola besar/bola kecil sederhana dan atau tradisional*

 

Permainan Bola Besar (Sepak Bola)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Permainan Bola Besar ( Bola Voly )

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Permainan Bola  Kecil ( Kasti )

 

( L1)

 

 

 

 ( L1)

 

 

 

 

 ( L2 )

 

 

 ( L1 )

 

 

 

 

( L1 )

 

 

 

 

( L1 )

 

 

 

 ( L1 )

 

 

 

 

 

 ( L1)

 

 

 

 

 

 ( L 1 )

 

 

 

 

 ( L1)

 

 

 

 

 ( L1)

 

 

 

 

 ( L2 )

 

 

 

 

 

 ( L3 )

 

 

 

 

( L1 )

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 ( L3 )

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 ( L3 )

 

 

 

-          Disajikan materi macam - macam teknik dasar permainan sepak bola, siswa dapat mengidentifikasi teknik  dasar shoting dalam permainan sepak bola

 

-          Disajikan materi macam - macam teknik dasar permainan sepak bola, siswa dapat mengidentifikasi teknik  dasar drible dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola dengan benar

 

-          Disajikan materi peraturan sepak bola, siswa  dapat menentukan  waktu yang digunakan  dalam  bermain sepak bola

 

-          Disajikan materi peraturan sepak bola, siswa dapat mengidentifikasi  ukuran lapangan  sepak bola dengan benar

 

 

-          Disajikan materi  peraturan sepak bola, siswa  dapat mengidentifikasi hukuman apa bila terjadi offside

 

 

-          Disajikan  konsep gerak lokomotor, siswa mapu mengidentifikasi gerak lokomotor pada permainan sepak bola

 

-          Disajikan macam - macam  teknik dasar bola voly, siswa mampu menjelaskan cara melakukan gerakan passing bawah dalam permainan bola voly

 

-          Disajikan soal teknik servis bawah, siswa mampu menyebutkan pukulan permulaan dalam  dalam permainan bola voly

 

-          Disajikan ilustrasi  gambar teknik dasar bola voly, siswa mampu menyebutkan gambar tekhnik smash dalam  permainan bola voly

 

-           Disajikan konsep gerak dasar lokomotor dan non lokomotor, siswa mampu menyebutkan gerak lokomotor dan manipulatif pada permainan bola voly

 

 

-          Disajikan peraturan permainan kasti, siswa  mampu mengidentifikasi  jumlah pemain kasti dalam satu regu

 

-          Disajikan materi tekhnik dasar permainan kasti, siswa  mampu mengidentifikasi kegunaan lemparan mendatar pada permainan kasti

 

-          Disajikan materi peraturan Permainan Kasti, siswa  mampu mengidentifikasi  lemparan sah dan tidak sah dalam permainan kasti

 

-          Disajikan konsep gerak dasar manipulative dan lokomotor, siswa dapat mengidentifikasi gerak manipulatif dan lokomotor pada salah satu tekhnik dasar kasti

 

-          Disajikan materi peraturan Permainan Kasti, siswa dapat mengidentifikasi tugas regu jaga pada permainan kasti

 

-          Disajikan soal, dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi gerak manipulatif pada permainan bola kasti

 

1

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

4

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

8

 

 

 

 

9

 

 

 

 

10

 

 

 

 

11

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1

3.2

Memahami kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar melalui permainan/olahraga

 

Lari jarak Pendek

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lompat Jauh

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lempar Turbo

 ( L3 )

 

 

 ( L1 )

 

 

 ( L1 )

 

 

 

 ( L1 )

 

 

 

 

 ( L1 )

 

 

 

( L1 )

 

 

 

 

 

( L1 )

 

 

 

 

 

( L1 )

 

 

 

 

 

 

 

( L1 )

 

 

 

 

 

( L1 )

 

 

 

 

 

 

 

 ( L1 )

 

-          Disajikan materi lari jarak pendek, siswa mampu mengidentifikisai istilah lain dari lari jarak pendek

-          Disajikan materi tekhnik start, siswa dapat mengurutkan gerakan start jongkok pada aba – aba “siap”

-          Disajikan materi tekhnik start jongkok, siswa mampu menyebutkan  aba – aba pada start jongkok

 

-          Disajikan peraturan cabang olah raga lari jarak pendek, siswa dapat mengetahui start yang di gunakan pada nomor lari jarak pendek

 

-          Disajikan materi tekhnik dasar lompat jauh , siswa memahami tahapan gerak dasar lompat jauh

 

-       Disajikan materi tekhnik dasar lompat jauh, siswa dapat mengidentifikasi kaki yang harus digunakan pada saat melaukan tolakan pada lompat jauh

 

-       Disajikan materi kombinasi gerakdasar pada cabang olahraga lompat jauh, siswa dapat mengidentifikasi kombinasi gerak

dasar jalan dan lari dalam gerak dasar lompat jauh

 

Disajikan materi kombinasi gerakdasar pada cabang olahraga lompat jauh, siswa dapat mengidentifikasi kombinasi gerakan apa saja yang terdapat pada gerakan menumpu pada lompat jauh

 

-       Disajikan materi teknhnik dasar lompat jauh, siswa dapat menyebutkan 4 tekhnik dasar lompat jauh

 

-       Disajikan materi cabang-cabang olahraga  kids atletik, siswa dapat menyebutkan nama cabang kids atletik yang memuat gerakan   jalan, lari dan lempar

 

-       Disajikan materi cabang-cabang olahraga  kids atletik, siswa dapat menyebutkan kombinasi gerak dasar yang terdapat pada cabang olahraga lempar turbo

12

 

 

13

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

14

 

 

 

15

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

16

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

17

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

3.3

Menerapkan variasi gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerak dasar seni beladiri**

Pencak silat

 ( L2 )

 

 

 

 ( L1 )

 

 

 

 

 ( L1 )

 

 

 

 

( L2 )

 

 

 

 

 ( L2 )

 

 

 

( L1 )

 

 

 

 

-          Disajikan  materi tekhnik dasar pencak silat, siswa dapat mengedintifikasi jenis gerakan pada pukulan mengarah ke dada

 

-          Disajikan  materi tekhnik dasar pencak sila, siswa dapat mengidentifikasi jenis gerakan kuda – kuda depan dalam

telkhnik pencak silat

 

-          Disajikan  materi tekhnik dasar pencak sila, siswa dapat mengidentifikasi jenis gerakan kuda – kuda samping dalam telkhnik pencak silat

 

-          Disajikan pengetahuan tentang pencak silat, siswa dapat menyebutkan negara pencipta pencak silat

 

-          Disajikan pengetahuan tentang pencak silat, siswa dapat menyebutkan induk organisasi pencak silat di Indonesia

 

-          Disajikan konsep gerak dasar pencak silat, siswa dapat menyebutkan macam – macam pola langkah dalam cabang pencak silat

 

18

 

 

 

19

 

 

 

20

 

 

 

21

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

3.4

Memahami aktivitas latihan daya tahan jantung (cardio respiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani

Latihan kebugaran jasmani

 ( L1 )

 

 

 

( L2 )

 

 

 

 

 ( L2 )

 

 

 

 

 

 ( L1 )

 

 

 

 

 ( L2 )

 

 

 

 ( L2 )

 

 

 

 ( L1 )

 

 

-          Disajikan materi kebugaran tubuh, siswa dapat mendefinisikan  pengertian dari kebugaran tubuh

 

-          Disajikan materi macam – macam latihan fisik dan kegunaanya, siswa  dapat mengidentifikasi latihan fisik untuk meningkatkan kekuatan otot perut

 

-          Disajikan materi macam – macam latihan fisik dan kegunaanya, siswa  dapat mengidentifikasi latihan fisik untuk meningkatkan kekuatan otot lengan dan bahu

 

-          Disajikan materi berbagai latihan untuk melatih kekuatan fisik, siswa  dapat mendefinisikan lari yang bentuknya berganti – ganti kecepatan

 

-          Siswa dapat mengidentifikasi posisi badan pada saat melakukan gerakan gerobak dorong

 

-          Siswa dapat menyebutkan manfaat jogging dipagi hari

 

-          Disajikan materi macam – macam daya tahan jantung, Siswa dapat menyebutkan 2 unsur daya tahan jantung

22

 

 

 

 

23

 

 

 

 

24

 

 

 

 

 

25

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Materi IPA Kelas V Tema 5 Kurikulum 13

Rangkuman Bahasa Indonesia Tema 5 Kelas V Kurikulum 13

BACAAN ISTIGHFAR RAJAB DAN FAEDAHNYA