Kisi-kisi PAS IPS Kelas 5 TP. 2020/2021
|
Kompetensi Dasar |
Materi |
Level
Kognitif |
Indikator Soal |
Bentuk dan Soal |
|||
|
PG |
Isian |
Uraian |
|||||
|
3.1 |
Mengidentifikasi
karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan
agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya,
komunikasi, serta transportasi. |
Kondisi
geografis wilayah Indonesia |
L1 |
Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi letak geografis Indonesia
dengan tepat. |
1 |
|
|
|
L1 |
Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan pulau paling utara di Indonesia dengan
tepat |
2 |
|
|
|||
|
L3 |
Disajikan sebuah petabuta /pulau Kalimantan, peserta didik dapat menentukan batas wilayah pulau tersebut dengan
tepat. |
3 |
|
|
|||
|
L1 |
Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan Negara yang berbatasan langsung dengan
Negara Indonesia dengan tepat |
4 |
|
|
|||
|
L1 |
Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat menentukan pulau paling luas yang ada di Indonesia
dengan tepat |
|
26 |
|
|||
|
Keragaman
Indonesia dan perseberannya |
L2 |
Disajikan
sebuah pernyataan, peserta didik mampu
menentukan nama-nama suku dengan asal daerahnya |
5 |
|
|
||
|
L2 |
Disajikan
sebuah gambar rumah adat, peserta didik mampu
menyebutkan nama suku yang mendiami rumah adat tersebut |
6 |
|
|
|||
|
L3 |
Disajikan
pilihan gambar hewan, peserta didik mampu
menggolongkan jenis-jenis fauna tipe asiatis |
7 |
|
|
|||
|
L2 |
Disajikan
sebuah gambar pakaian adat, peserta didik dapat
menyebutkan asal daerah pakaian adat tersebut |
|
27 |
|
|||
|
Pengaruh
kondisi geografis Indonesia terhadap kehidupan Ekonomi, Sosial, dan Budaya
Masyarakat |
L1 |
Disajikan
pernyataan, siswa dapat menentukan pengaruh keragaman Indonesia dan
persebaranya. |
|
|
36 |
||
|
L2 |
Disajikan
sebuah pernyataan, siswa dapat menyebutkan dampak dari kondisi geografis
Indonesia |
8 |
|
|
|||
|
L1 |
disajikan
sebuah pernyataan, siswa dapat menentukan pengaruh letak geografis Indonesia
dalam bidang ekonomi |
9 |
|
|
|||
|
L1 |
disajikan
sebuah pernyataan, siswa dapat menyebutkan kegiatan budaya masyarakat Bali |
|
28 |
|
|||
|
Letak
geografis Indonesia dan komponen peta |
L1 |
Disajikan sebuah
pernyataan, siswa mampu menjelaskan pengertian dari skala |
10 |
|
|
||
|
L1 |
Disajikan
sebuah pernyataan, peserta didik dapat menentukan jarak sebenarnya pada peta
dengan tepat. |
11 |
|
|
|||
|
L1 |
Disajikan
sebuah pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan pengertian dari peta. |
|
29 |
|
|||
|
L1 |
Disajikan
sebuah pernyataan, siswa dapat mengartikan perbedaan warna pada peta |
|
30 |
|
|||
|
L2 |
Disajikan
sebuah pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan perbedaan antara garis
lintang dan garis bujur |
|
|
37 |
|||
|
Ciri-ciri
kenampakan alam daratan dan perairan |
L2 |
Disajikan
sebuah pernyataan, peserta didik dapat menentukan jenis kenampakan alam
dengan tepat |
12 |
|
|
||
|
L1 |
Disajikan
sebuah pernyataan, peserta didik dapat menentukan cirri-ciri kenampakan alam
perairan |
13 |
|
|
|||
|
L2 |
Disajikan
sebuah pernyataan, peserta didik dapat menentukan adaptasi masyarakat dengan
kenampakan alam dengan tepat |
14 |
|
|
|||
|
3.2 |
Menganalisis
bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap
pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia. |
Bentuk
interaksi manusia dengan lingkungan sekitar |
L2 |
Disajikan
sebuah gambar, siswa dapat menentukan bentuk interaksi soaial |
15 |
|
|
|
L1 |
Disajikan
sebuah pernyataan, siswa dapat menentukan bentuk-bentuk interaksi sosial |
16 |
|
|
|||
|
L1 |
Disajikan
sebuah pernyataan, siswa dapat menentukan bentuk interaksi sosial |
|
31 |
|
|||
|
L1 |
Disajikan
sebuah pernyataan, siswa dapat menentukan bentuk interaksi manusia dengan
lingkungannya |
17 |
|
|
|||
|
L3 |
Disajikan
sebuah pernyataan, siswa dapat menentukan cara teraman melakukan interaksi
sosial masa pandemic |
|
|
38 |
|||
|
Aktivitas
dalam interaksi masyarakat dalam upaya pembangunan sosial budaya |
L1 |
Disajikan
sebuah pernyataan, siswa dapat menentukan aktivitas ekonomi yang menunjukkan
adanya interaksi sosial |
18 |
|
|
||
|
L1 |
Disajikan
sebuah gambar, siswa dapat menentukan aktivitas dalam interaksi masyarakat
dalam upaya pembangunan sosial budaya |
19 |
|
|
|||
|
L1 |
Disajikan
sebuah pernyataan, siswa dapat menentukan cara yang dilakukan dalam menjaga
lingkungan sosial dalam interaksi sosial |
20 |
|
|
|||
|
L2 |
Disajikan
sebuah pernyataan, siswa dapat mengidentifikasi bentuk aktivitas manusia
dalam upaya pembangunan sosial budaya |
|
32 |
|
|||
|
L1 |
Disajikan
sebuah pernyataan, siswa dapat menentukan interaksi manusia yang dapat
meningkatkan pembangunan sosial budaya |
|
|
39 |
|||
|
Manfaat
interaksi sosial dalam pembangunan sosial budaya Indonesia |
L1 |
Disajikan
sebuah pernyataan, siswa dapat menyebutkan manfaat interaksi sosial |
21 |
|
|
||
|
L2 |
Disajikan
sebuah gambar, siswa dapat menentukan manfaat interaksi sosial yang dilakukan
pada gambar |
22 |
|
|
|||
|
L1 |
Disajikan
sebuah pernyataan, siswa dapat menyebutkan interaksi sosial yang menjadi
cirri khas bangsa Indonesia |
|
33 |
|
|||
|
3.3 |
Mengidentifikasi
faktor-faktor penting penyebab penjajahan bangsa Indonesia dan upaya bangsa
Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya. |
Latar belakang
kedatangan bangsa asing ke Indonesia dan bentuk perjuangan melawan penjajah |
L2 |
Disajikan
sebuah pernyataan, siswa dapat menjelaskan latar belakang bangsa eropa datang
ke Indonesia |
23 |
|
|
|
L1 |
Disajikan
sebuah pernyataan, peserta didik dapat mengartikan kata glory yang terdapat
dalam misi 3G |
|
34 |
|
|||
|
L1 |
Peserta didik
dapat menyebutkan bangsa Eropa yang pertama kali mendarat di Indonesia |
|
35 |
|
|||
|
L3 |
Disajikan
sebuah tabel, peserta didik dapat memasangkan antara nama pahlawan dan asal
daerahnya dengan tepat |
24 |
|
|
|||
|
L1 |
Disajikan
pernyataan, peserta didik dapat menentukan nama anggota tiga serangkai |
25 |
|
|
|||
|
L2 |
Disajikan
sebuah pernyataan, peserta didik dapat menentukan faktor yang menyebabkan
kegagalan perlawanan rakyat terhadap penjajah |
|
|
40 |
|||
Komentar
Posting Komentar