Kisi-kisi PAS IPS Kelas 5 TP. 2020/2021

 

Kompetensi Dasar

Materi

Level Kognitif

Indikator Soal

Bentuk dan Soal

PG

Isian

Uraian

3.1

Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi.

Kondisi geografis wilayah Indonesia

L1

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi letak geografis Indonesia dengan tepat.

1

 

 

L1

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan pulau paling utara di Indonesia dengan tepat

2

 

 

L3

Disajikan sebuah petabuta /pulau Kalimantan, peserta didik dapat menentukan batas wilayah pulau tersebut dengan tepat.

3

 

 

L1

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan Negara yang berbatasan langsung dengan Negara Indonesia dengan tepat

4

 

 

L1

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat menentukan pulau paling luas yang ada di Indonesia dengan tepat

 

26

 

Keragaman Indonesia dan perseberannya

L2

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik mampu menentukan nama-nama suku dengan asal daerahnya

5

 

 

L2

Disajikan sebuah gambar rumah adat, peserta didik mampu menyebutkan nama suku yang mendiami rumah adat tersebut

6

 

 

L3

Disajikan pilihan gambar hewan, peserta didik mampu menggolongkan jenis-jenis fauna tipe asiatis

7

 

 

L2

Disajikan sebuah gambar pakaian adat, peserta didik dapat menyebutkan asal daerah pakaian adat tersebut

 

27

 

Pengaruh kondisi geografis Indonesia terhadap kehidupan Ekonomi, Sosial, dan Budaya Masyarakat

L1

Disajikan pernyataan, siswa dapat menentukan pengaruh keragaman Indonesia dan persebaranya.

 

 

36

L2

Disajikan sebuah pernyataan, siswa dapat menyebutkan dampak dari kondisi geografis Indonesia

8

 

 

L1

disajikan sebuah pernyataan, siswa dapat menentukan pengaruh letak geografis Indonesia dalam bidang ekonomi

9

 

 

L1

disajikan sebuah pernyataan, siswa dapat menyebutkan kegiatan budaya masyarakat Bali

 

28

 

Letak geografis Indonesia dan komponen peta

L1

Disajikan sebuah pernyataan, siswa mampu menjelaskan pengertian dari skala

10

 

 

L1

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat menentukan jarak sebenarnya pada peta dengan tepat.

11

 

 

L1

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan pengertian dari peta.

 

29

 

L1

Disajikan sebuah pernyataan, siswa dapat mengartikan perbedaan warna pada peta

 

30

 

L2

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan perbedaan antara garis lintang dan garis bujur

 

 

37

Ciri-ciri kenampakan alam daratan dan perairan

L2

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat menentukan jenis kenampakan alam dengan tepat

12

 

 

L1

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat menentukan cirri-ciri kenampakan alam perairan

13

 

 

L2

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat menentukan adaptasi masyarakat dengan kenampakan alam dengan tepat

14

 

 

3.2

Menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.

Bentuk interaksi manusia dengan lingkungan sekitar

L2

Disajikan sebuah gambar, siswa dapat menentukan bentuk interaksi soaial

15

 

 

L1

Disajikan sebuah pernyataan, siswa dapat menentukan bentuk-bentuk interaksi sosial

16

 

 

L1

Disajikan sebuah pernyataan, siswa dapat menentukan bentuk interaksi sosial

 

31

 

L1

Disajikan sebuah pernyataan, siswa dapat menentukan bentuk interaksi manusia dengan lingkungannya

17

 

 

L3

Disajikan sebuah pernyataan, siswa dapat menentukan cara teraman melakukan interaksi sosial masa pandemic

 

 

38

Aktivitas dalam interaksi masyarakat dalam upaya pembangunan sosial budaya

L1

Disajikan sebuah pernyataan, siswa dapat menentukan aktivitas ekonomi yang menunjukkan adanya interaksi sosial

18

 

 

L1

Disajikan sebuah gambar, siswa dapat menentukan aktivitas dalam interaksi masyarakat dalam upaya pembangunan sosial budaya

19

 

 

L1

Disajikan sebuah pernyataan, siswa dapat menentukan cara yang dilakukan dalam menjaga lingkungan sosial dalam interaksi sosial

20

 

 

L2

Disajikan sebuah pernyataan, siswa dapat mengidentifikasi bentuk aktivitas manusia dalam upaya pembangunan sosial budaya

 

32

 

L1

Disajikan sebuah pernyataan, siswa dapat menentukan interaksi manusia yang dapat meningkatkan pembangunan sosial budaya

 

 

39

Manfaat interaksi sosial dalam pembangunan sosial budaya Indonesia

L1

Disajikan sebuah pernyataan, siswa dapat menyebutkan manfaat interaksi sosial

21

 

 

L2

Disajikan sebuah gambar, siswa dapat menentukan manfaat interaksi sosial yang dilakukan pada gambar

22

 

 

L1

Disajikan sebuah pernyataan, siswa dapat menyebutkan interaksi sosial yang menjadi cirri khas bangsa Indonesia

 

33

 

3.3

Mengidentifikasi faktor-faktor penting penyebab penjajahan bangsa Indonesia dan upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya.

Latar belakang kedatangan bangsa asing ke Indonesia dan bentuk perjuangan melawan penjajah

L2

Disajikan sebuah pernyataan, siswa dapat menjelaskan latar belakang bangsa eropa datang ke Indonesia

23

 

 

L1

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat mengartikan kata glory yang terdapat dalam misi 3G

 

34

 

L1

Peserta didik dapat menyebutkan bangsa Eropa yang pertama kali mendarat di Indonesia

 

35

 

L3

Disajikan sebuah tabel, peserta didik dapat memasangkan antara nama pahlawan dan asal daerahnya dengan tepat

24

 

 

L1

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan nama anggota tiga serangkai

25

 

 

L2

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat menentukan faktor yang menyebabkan kegagalan perlawanan rakyat terhadap penjajah

 

 

40

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Materi IPA Kelas V Tema 5 Kurikulum 13

Rangkuman Bahasa Indonesia Tema 5 Kelas V Kurikulum 13

BACAAN ISTIGHFAR RAJAB DAN FAEDAHNYA