Mengenalkan Matematika melalui Games Monopoli


Matematika seringkali dianggap sebagai salah satu pelajaran yang menakutkan oleh siswa. Padahal, matematika juga bisa menjadi mengasyikkan, misalnya, bila disampaikan dengan  cara yang menyenangkan dan interaktif seperti dalam game/permainan. Permainan matematika juga dapat digunakan untuk memenuhi berbagai tujuan kognitif. Selain itu, objek-objek matematika yang ada dalam beberapa permainan akan mampu membantu meningkatkan keterampilan problem solving para peserta didik, mengembangan general intelectual, dan membantu siswa menerapkan konsep-konsep matematis dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu permainan yang bisa menunjang pembelajaran matematika dalam hal ini ialah monopoli modifikasi. Yakni, mengadopsi permainan monopoli untuk memasukkan materi dan rumus-rumus serta pertanyaan terkait dengan bangun datar, seperti persegi, belah ketupat, layang-layang, trapesium, jajar genjang, dan sebagainya. Melalui permainan ini, diharapkan siswa dapat belajar dengan enjoy dan penuh keceriaan. Tentunya permainan ini juga menyediakan semacam punishment dan reward untuk siswa.

Berikut merupakan gambaran umum aturan  permainan monopoli matematika:
  1. Satu papan monopoli akan dimainkan oleh dua orang atau dua kelompok.
  2. Tiap pemain terlebih dahulu diberi uang monopoli dengan jumlah yang sama besar.
  3. Permulaan membuang dadu bergiliran, hingga ada yang mendapatkan dadu berangka enam. 
  4. Permainan dimulai di petak start. 
  5. Setelah itu poin pemain dijalankan bergiliran sesuai dengan angka dadu mengikuti arah panah.
  6. Jika pemain berhenti di salah satu kotak Free Question maka pemain harus mengambil kartu soal. Pemain harus bisa menjawab pertanyaan tersebut dalam jangka waktu yang telah ditentukan.
  7. Jika pemain berhasil menjawab dengan benar, maka pemain tersebut berhak melanjutkan langkah.
  8. Jika area yang sudah dibeli disinggahi oleh pihak lawan, maka lawan wajib membayar denda.
  9. Pemenang permainan ini ialah pemain yang banyak memiliki rumah serta memiliki uang yang lebih banyak dari permainan lawan.
Mathematics is the language with which God has written the universe.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AMALAN BULAN RAJAB

Rangkuman Bahasa Indonesia Tema 5 Kelas V Kurikulum 13