KISI-KISI SOAL IPS PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021
KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) SEKOLAH DASAR
TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Mata/Muatan Pelajaran : IPS Jumlah
Soal : PG : 25 soal
Kelas : V (lima) Isian
: 10 soal
Alokasi
Waktu :
90
menit Uraian : 5 soal
No |
Kompetensi Dasar |
Materi |
Level Kognitif |
Indikator Soal |
Bentuk dan Soal |
|||
PG |
Isian |
Uraian |
||||||
1. |
3.2 |
Menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan
pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat
Indonesia. |
Bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungannya dan pengaruhnya terhadap
pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia. |
L1 |
Siswa dapat menjelaskan hubungan antara manusia dan lingkungan |
1 |
|
|
|
Siswa dapat menunjukkan cara menanggulangi dampak dari interaksi
dengan lingkungan |
2 |
|
|
||||
L1 |
Siswa dapat menunjukkan contoh
interaksi manusia dengan lingkungan alam |
3 |
|
|
||||
L1 |
Siswa dapat membedakan komponen abiotik dan biotik di lingkungan alam |
4 |
|
|
||||
L1 |
Siswa dapat menunjukkan dampak
negatif dari interaksi manusia dengan
lingkungan alam |
5 |
|
|
||||
L1 |
Siswa dapat menunjukkan akibat dari pengelolaan limbah |
6 |
|
|
||||
|
|
|
|
L1 |
Siswa dapat menjelaskan pengertian interaksi sosial |
7 |
|
|
L1 |
Siswa dapat menunjukkan contoh interaksi sosial di bidang ekonomi |
8 |
|
|
||||
L1 |
Disajikan gambar Siswa dapat menyebutkan jenis masalah sosial di
masyarakat |
9 |
|
|
||||
L1 |
Siswa dapat menyebutkan penyebab
dari masalah sosial |
10 |
|
|
||||
|
|
|
|
L1 |
Siswa dapat menunjukkan pengaruh
virus corona terhadap masalah sosial
dalam masyarakat |
11 |
|
|
|
|
|
|
L1 |
Siswa dapat menunjukkan
profesi masyarakat di wilayah pesisir berkaitan dengan interaksi dengan
lingkungan alam |
|
26 |
|
L1 |
Siswa dapat menunjukkan bencana alam yang ditimbulkan dari aktivitas
manusia |
|
27 |
|
||||
L1 |
Siswa dapat menunjukkan akibat
yang ditimbulkan dari tidak disiplin dalam berlalu lintas |
|
28 |
|
||||
|
|
|
|
L1 |
Siswa dapat menunjukkan masalah
sosial di bidang ekonomi akibat kurangnya lapangan pekerjaan |
|
29 |
|
. |
|
|
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan jenis interaksi manusia
dengan alam |
|
|
36 |
L1 |
Siswa dapat menyebutkan
masalah sosial yang berasal dari lingkungan sekitar tempat tinggalnya dan
cara mengatasinya |
|
|
37 |
||||
2. |
3.3 |
Mengidentifikasi faktor-faktor penting penyebab penjajahan bangsa
Indonesia dan upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya. |
Peristiwa Kebangsaan masa Penjajahan |
L1 |
Siswa dapat menyebutkan bangsa eropa yang pernah menjajah Indonesia |
12 |
|
|
L1 |
Siswa dapat menunjukkan tujuan bangsa eropa datang ke Indonesia |
|
30 |
|
||||
L1 |
Siswa dapat menyebutkan nama gubenur jendral yang membuat jalan pintura
pada masa penjajahan Belanda |
13 |
|
|
||||
L1 |
Siswa dapat menunjukkan aturan sistem tanam paksa yang dilakukan VOC |
14 |
|
|
||||
L1 |
Siswa dapat menyebutkan nama tokoh penentang sistem tanam paksa |
|
31 |
|
||||
L1 |
Disajikan gambar pahlawan, siswa dapat menyebutkan penyebab perang
Diponegoro |
15 |
|
|
||||
L1 |
Siswa dapat menyebutkan organisasi pada masa awal pergerakan nasional |
16 |
|
|
||||
L1 |
Siswa dapat menyebutkan isi sumpah pemuda |
|
|
38 |
||||
L2 |
Siswa dapat menyimpulkan makna peristiwa sumpah pemuda bagi rakyat
Indonesia |
17 |
|
|
||||
L1 |
Siswa dapat menyebutkan judul buku karangan RA Kartini |
|
32 |
|
||||
|
|
|
Peristiwa Kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan |
L1 |
Siswa dapat menunjukkan alasan /tujuan para pemuda pada peristiwa
Rengasdenglok |
18 |
|
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan tokoh perumus teks proklamasi kemerdekaan |
19 |
|
|
||||
L1 |
Siswa dapat menunjukkan tempat pembacaan teks proklamasi |
|
33 |
|
||||
L1 |
Siswa dapat menyebutkan tokoh pengibar
bendera merah putih saat proklamsi |
20 |
|
|
||||
L1 |
Siswa dapat menyebutkan nama surat kabar yang memuat berita proklamasi |
|
34 |
|
||||
L1 |
Siswa dapat menunjukkan hasil keputusan panitia Sembilan |
21 |
|
|
||||
L1 |
Disajikan gambar pahlawan, siswa dapat menyebutkan nama tokoh yang
mengusulkan dasar negara Indonesia |
|
35 |
|
||||
L1 |
Disajikan gambar proklamator, Siswa dapat menyebutkan sikap keteladan dalam
penyusunan piagam jakarta |
22 |
|
|
||||
|
|
|
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan nama tokoh pertempuran di Surabaya |
23 |
|
|
|
|
|
|
L1 |
Siswa dapat menjelaskan penyebab terjadinya pertempuran lima hari di
Semarang |
24 |
|
|
|
|
|
Peristiwa mengisi kemerdekaan |
L1 |
Siswa dapat menunjukkan makna proklamasi kemerdekaan |
|
|
39 |
L1 |
Siswa dapat menunjukkan upaya dalam mengisi kemerdekaan |
25 |
|
|
||||
L1 |
Siswa dapat menyebutkan sifat yang dapat diteladani dari para pejuang/pahlawan |
|
|
40 |
Komentar
Posting Komentar