KISI-KISI SOAL IPS PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT)  SEKOLAH DASAR

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

Mata/Muatan Pelajaran :                                        IPS                                                                                                                         Jumlah Soal                                :                                        PG                                                                                                                                                                      : 25  soal

Kelas                              :  V (lima)                                 Isian                                        :  10  soal

Alokasi Waktu               : 90  menit                                        Uraian                                                                                                                                                                                           :   5  soal

No

Kompetensi Dasar

Materi

Level Kognitif

Indikator Soal

Bentuk dan Soal

PG

Isian

Uraian

1.

3.2

Menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.

Bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungannya dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.

 

L1

Siswa dapat menjelaskan hubungan antara  manusia dan lingkungan

1

 

 

 

Siswa dapat menunjukkan cara menanggulangi dampak dari interaksi dengan lingkungan

2

 

 

L1

Siswa dapat menunjukkan  contoh interaksi manusia dengan lingkungan alam

3

 

 

L1

Siswa dapat membedakan komponen abiotik dan biotik di lingkungan alam

4

 

 

L1

Siswa dapat  menunjukkan dampak negatif dari interaksi  manusia dengan lingkungan alam

5

 

 

L1

Siswa dapat menunjukkan akibat dari pengelolaan limbah

6

 

 

 

 

 

 

L1

Siswa dapat menjelaskan pengertian interaksi sosial

7

 

 

L1

Siswa dapat menunjukkan contoh interaksi sosial  di bidang ekonomi

8

 

 

L1

Disajikan gambar Siswa dapat menyebutkan jenis masalah sosial di masyarakat

9

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan penyebab  dari masalah sosial

10

 

 

 

 

 

 

L1

Siswa dapat menunjukkan  pengaruh virus corona terhadap masalah sosial  dalam masyarakat

11

 

 

 

 

 

 

L1

Siswa dapat  menunjukkan profesi masyarakat di wilayah pesisir berkaitan dengan interaksi dengan lingkungan alam

 

26

 

L1

Siswa dapat menunjukkan bencana alam yang ditimbulkan dari aktivitas manusia

 

27

 

L1

Siswa dapat menunjukkan  akibat yang ditimbulkan dari tidak disiplin dalam berlalu lintas

 

28

 

 

 

 

 

L1

Siswa dapat menunjukkan  masalah sosial di bidang ekonomi akibat  kurangnya lapangan pekerjaan

 

29

 

.

 

 

 

L1

Siswa dapat  menyebutkan jenis  interaksi manusia dengan alam

 

 

36

L1

Siswa dapat  menyebutkan masalah sosial yang berasal dari lingkungan sekitar tempat tinggalnya dan cara mengatasinya

 

 

37

2.

3.3

Mengidentifikasi faktor-faktor penting penyebab penjajahan bangsa Indonesia dan upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya.

Peristiwa Kebangsaan masa Penjajahan

 

L1

Siswa dapat menyebutkan bangsa eropa yang pernah menjajah Indonesia

12

 

 

L1

Siswa dapat menunjukkan tujuan bangsa eropa datang ke Indonesia

 

30

 

L1

Siswa dapat menyebutkan nama gubenur jendral yang membuat jalan pintura pada masa penjajahan Belanda

13

 

 

L1

Siswa dapat menunjukkan aturan sistem tanam paksa yang dilakukan VOC

14

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan nama tokoh penentang sistem tanam paksa

 

31

 

L1

Disajikan gambar pahlawan, siswa dapat menyebutkan penyebab perang Diponegoro

15

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan organisasi pada masa awal pergerakan nasional

16

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan isi sumpah pemuda

 

 

38

L2

Siswa dapat menyimpulkan makna peristiwa sumpah pemuda bagi rakyat Indonesia

17

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan judul buku karangan RA Kartini

 

32

 

 

 

 

Peristiwa Kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan

 

L1

Siswa dapat menunjukkan alasan /tujuan para pemuda pada peristiwa Rengasdenglok

18

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan tokoh perumus teks proklamasi kemerdekaan

19

 

 

L1

Siswa dapat menunjukkan tempat pembacaan teks proklamasi

 

33

 

L1

Siswa dapat menyebutkan tokoh pengibar  bendera merah putih saat proklamsi

20

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan nama surat kabar yang memuat berita proklamasi

 

34

 

L1

Siswa dapat menunjukkan hasil keputusan panitia Sembilan

21

 

 

L1

Disajikan gambar pahlawan, siswa dapat menyebutkan nama tokoh yang mengusulkan dasar negara Indonesia

 

35

 

L1

Disajikan gambar proklamator, Siswa dapat menyebutkan sikap keteladan dalam penyusunan piagam jakarta

22

 

 

 

 

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan nama tokoh pertempuran di Surabaya

23

 

 

 

 

 

 

L1

Siswa dapat menjelaskan penyebab terjadinya pertempuran lima hari di Semarang

24

 

 

 

 

 

Peristiwa mengisi kemerdekaan

 

L1

Siswa dapat menunjukkan makna proklamasi kemerdekaan

 

 

39

L1

Siswa dapat menunjukkan upaya dalam mengisi kemerdekaan

25

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan sifat yang dapat diteladani dari para pejuang/pahlawan

 

 

40

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AMALAN BULAN RAJAB

Rangkuman Bahasa Indonesia Tema 5 Kelas V Kurikulum 13